Sukses! Cara Hemat Paket Internet, Yuk Gunakan Trik Ini

0

Ini adalah edisi saya untuk menghemat paket internet atau paket data atau kuota. Trik ini sudah saya terapkan di salah satu operator seluler kkhususnya Indosat, dan apa yang terjadi? Paket data yang saya miliki masih terpakai 3%-nya saja dari total 6GB yang saya beli 15 hari yang lalu.

Sebenarnya saya punya wifi dirumah, namun untuk alasan tertentu terpaksa saya membeli paket internet untuk digunakan selama saya berada di luar rumah (luar kotai). Karena saya adalah orang yang suka browsing, streaming, dan download, maka munculah ide “Bagaimana Cara Menghemat Paket Internet“.

Menjelajah internet kesana kemari, akhirnya saya menemukan salah satu website penyedia layanan gratis yang akan saya gunakan sebagai media untuk menghemat paket data. Anda penasaran, layanan apa itu? Anda akan menemukannya jika membaca artikel ini sampai tuntas!

Sebelum melanjutkan ke pokok pembahasan artikel ini, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa hal berikut.

1. Apa itu Penggunaan Data Internet?

Data internet adalah layanan yang disediakan oleh operator layanan telekomunikasi kepada pengguna akhir untuk memungkinkan mereka mengakses internet. Kecepatan akses dan sifat aktivitas yang dapat dilakukan konsumen sering kali bergantung pada sifat teknologi yang digunakan.

Jadi, 2G (Teknologi Generasi ke-2) adalah saklar sirkuit, 3G (Generasi ke-3) adalah paket dan sakelar sirkuit) dan 4G (Generasi ke-4) adalah teknologi pengalih paket. Yaitu 2G dalam GPRS, mode EDGE atau yang setara (menggunakan circuit switched), 3G dalam layanan data Kecepatan Tinggi disebut HSPA, mode HSPA + atau yang setara (menggunakan paket dan circuit switched) dan 4G dalam LTE, mode LTE-A atau teknologi yang setara (menggunakan packet switched).

Masing-masing teknologi ini memberikan kecepatan dan protokol yang berbeda untuk menggunakan internet. Ponsel generasi baru biasanya dirancang agar kompatibel ke belakang, sehingga ponsel 4G dapat berkomunikasi melalui jaringan 3G atau bahkan 2G.

2. Apa kepanjangan dari G?

“G” adalah singkatan dari “GENERATION”. Saat Anda tersambung ke internet, kecepatan internet Anda bergantung pada kekuatan sinyal yang telah ditampilkan dalam huruf seperti 2G, 3G, dan 4G dll. Tepat di sebelah bilah sinyal di layar beranda ponsel Anda.

3. Apakah penggunaan 2G, 3G atau 4G berdampak pada penggunaan data? Bisakah ini juga menyebabkan penipisan data?

Benar sekali, semakin tinggi generasi, semakin tinggi kecepatannya dan akibatnya semakin cepat data seluler Anda habis.

4. Apa itu Data Seluler?

Data seluler adalah konten internet yang diakses oleh, atau dikirimkan ke ponsel Anda melalui koneksi nirkabel / seluler. Saat Anda membeli paket data seluler, Anda berhak atas sejumlah data selama periode waktu tertentu. Anda juga dapat mengakses internet melalui koneksi Wi-Fi tergantung pada apakah Anda memiliki akses ke jaringan Wi-Fi tersebut. Namun dengan data seluler, Anda dapat menggunakan internet selama ponsel dapat mendeteksi sinyal data jaringan Anda, dan Anda memiliki paket data aktif di jaringan tersebut. Oleh karena itu, data seluler adalah yang memungkinkan ponsel Anda online saat Anda jauh dari Wi-Fi.

5. Apa yang menyebabkan konsumsi / Penggunaan / Deplesi Data?

Data Anda digunakan setiap kali ponsel Anda terhubung ke internet, maka dari itu berusahalah menghemat paket internet yang telah anda beli. Aktivitas berikut adalah penggunaan paling umum yang mengurangi data Anda:

  • Mengirim dan menerima email
  • Mendownload dan mengupload file (gambar, dokumen, video, dll) semakin besar filenya, semakin banyak konsumsi datanya
  • Menjelajah internet – semakin banyak gambar, video atau grafik di situs web, semakin banyak penggunaan data,
  • Pesan Instan – seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Snapchat, dll
  • Streaming musik / video di YouTube, Hulu, Netflix, dan saluran lain,
  • Game – game menggunakan lebih banyak data daripada yang dibayangkan kebanyakan orang karena grafik dan algoritme yang kuat yang memberdayakannya,
  • Aplikasi media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram, dll.
  • Aplikasi obrolan dan konferensi video seperti Zoom, Skye, Video WhatsApp, dll

6. Bagaimana Penyedia Layanan Internet memperkirakan data?

Konsumsi data Anda bergantung pada banyak faktor. Seperti disebutkan di atas, sifat teknologi (2G, 3G, 4G atau 5G), kualitas jaringan, kecepatan unduh, jenis situs web yang Anda kunjungi, spesifikasi ponsel Anda, dan banyak faktor lain yang berkontribusi pada Anda. konsumsi data.
Misalnya, dua handset dapat menggunakan jumlah data yang berbeda untuk mengunduh atau streaming video yang sama di YouTube!

Perkiraan berikut memberikan perkiraan penggunaan data. Harap dicatat bahwa ini hanyalah perkiraan yang diberikan oleh operator berdasarkan ukuran file biasa/rata-rata.

  • 1 Jam Media Sosial = 250mb
  • 1 Jam Browsing = 65mb
  • 1 Jam Pesan Instan dengan panggilan video = 180mb
  • 1 Jam streaming musik = 65mb
  • 1 Jam Streaming Video = 450mb (Non HD) dan 1,5 GB (HD)
  • 1 Email dikirim atau diterima dengan lampiran = 500kb
  • 1 menit bermain game terhubung = 50mb

Dari perkiraan diatas, saya berpikir dan mencari cara untuk menghemat paket internet. bagaimana dengan anda?

7. Kegiatan apa yang paling banyak menggunakan data?

Contoh paling umum dari aktivitas mobile (termasuk upload dan download) seperti yang akan Anda perhatikan dari jawaban pertanyaan 6 di atas yang menggunakan data besar (banyak) adalah sebagai berikut;

  • Mendownload dan menonton video online terutama di situs Seperti Netflix dan YouTube.
  • Mengirim dan menerima email dengan lampiran besar
  • Pembaruan perangkat lunak dan pembaruan definisi virus
  • Masuk ke situs Media Sosial seperti Facebook, Snapchat, Instagram, Twitter, Tik Tok, dll.
  • Bermain Game di situs web atau melalui aplikasi unduhan
  • Kamera keamanan jarak jauh
  • Data yang dikirim antar situs di Virtual Private Network (VPN).
  • Notifikasi online Aplikasi Seluler dari media sosial, situs pemasaran sosial, dll.

8. Apa yang menyebabkan naik-turunnya akses internet setelah berlangganan data?

Ini mungkin karena masalah jaringan dan / atau pengaturan telepon Anda. Misalnya jika tidak ada jaringan di lokasi atau kekuatan jaringan lemah atau tidak stabil, maka akan terjadi fluktuasi. Selain itu, jika Sim data Anda mati, Anda mungkin tidak dapat menggunakan internet kecuali jika Anda terhubung ke Wi-Fi.

9. Apakah kecepatan atau waktu berkontribusi pada penipisan data?

IYA. Memang. Semakin cepat kecepatannya, semakin banyak bundel data yang akan digunakan. Logikanya, semakin cepat kecepatannya, semakin cepat Anda menyelesaikan tugas seperti mengunduh atau mengunggah file. Itu berarti Anda dapat melakukan lebih banyak, dan mengonsumsi lebih banyak data, dalam jumlah waktu yang sama jika Anda memiliki kecepatan tinggi. Anda secara alami melakukan lebih banyak dan mungkin menggunakan streaming berkualitas lebih tinggi.

10. Mengapa langganan bulanan tidak bertahan sebulan penuh?

Langganan bulanan biasanya dilengkapi dengan ukuran atau nilai data dan setelah nilainya habis sebelum bulan tersebut, anda tidak akan dapat mengakses internet. Artinya, data tersebut dapat digunakan selama satu bulan tetapi dapat diselesaikan sebelum satu bulan, tergantung bagaimana Anda menggunakannya.

Dari penjelasan yang saya tulis diatas, apakah anda memahami pentingnya menghemat paket internet agar tidak menguras uang kita walaupun kita pakai untuk download, streaming, browsing, dll. Nah, sekarang kita menuju ke pokok pembahasan pada artikel ini.

Cara Menghemat Paket Internet / Kuota / Paket Data

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menjalankan aplikasi browser dan buka halaman google.com, lalu ketik kata “free l2tp singapore“. Lah, kok pakai bahasa inggris? apaan tuh l2tp?

Saya sengaja memberikan kata kunci dengan bahasa inggris agar hasil pencarian di google banyak pilihan. Untuk L2TP, berikut adalah pengertiannya.

L2TP adalah singkatan dari Layer 2 Tunneling Protocol. Protokol tunnel ini dirancang untuk mendukung koneksi VPN. Dan anehnya, L2TP sering digunakan oleh ISP untuk mengoperasikan VPN (Virtual Private Network).

Kalau tidak salah, L2TP pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan dirancang sebagai semacam penerus protokol PPTP, yang dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco.

Langkah kedua untuk menghemat paket internet yang harus anda lakukan adalah dengan menyetel VPN L2TP di ponsel anda.

Cara inject L2TP ke ponsel anda.

Pencet gambar untuk memperbesar (tab baru)
  1. Buka pengaturan ponsel cerdas anda.
  2. Pada menu Koneksi & jaringan, pilih Lainnya > VPN > Tambah VPN > L2TP/IPSec PSK
  3. Isikan kolom sesuai data yang disediakan oleh penyedia VPN, lihat gambar diatas sebagai contoh.
  4. Klik tombol Simpan jika sudah selesai.

Setelah melakukan pengaturan VPN dan mengaktifkannya, pastikan alamat IP anda berubah. Anda bisa mengeceknya disini: IP Saya – Melihat Alamat IP Publik Internet.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mencobanya untuk browsing, nonton Youtube, download, dll selama 1 jam. Namun sebelum melakukan itu, pastikan anda mengecek sisa kuota yang anda miliki terlebih dahulu, dan dalam penggunaan selama 1 jam, berapa paket data yang telah anda gunakan.

Kesimpulan

Jika anda adalah pengguna kartu Indosat, dan anda memiliki Aplikasi MyIM3, bukalah menu pusat bantuan. Disitu Anda akan menemukan sebuah informasi dimana Anda disarankan menggunakan VPN untuk menghemat paket internet.

Hemat Paket Internet Kartu Indosat
Klik untuk memperbesar

Untuk kartu Telkomsel, XL, Smartfren, Axis, dll, saya belum pernah menerapkan trik ini karena ditempat saya hanya kartu Indosat yang menyediakan sinyal terbaik. Yang pasti, setelah saya menggunakan L2TP VPN, paket internet saya menjadi lebih hemat dan isi dompet saya tidak cepat habis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.