Shared IP vs Dedicated IP – Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

0

Shared IP vs Dedicated IP

Dalam artikel Shared IP vs Dedicated IP ini Saya akan menjelaskan, apa perbedaannya dan mana yang lebih baik untuk Anda.

Shared IP vs Dedicated IP

Ketika komputer atau server terhubung ke internet – yaitu, ia berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan komputer global yang besar – ia menggunakan serangkaian digit yang disebut alamat Protokol Internet untuk mengidentifikasi dirinya sendiri dan membuat tautan komunikasi dengan siapa pun yang diinginkannya. bertukar data dan permintaan.

Alamat IP ini sesuai dengan metodologi TCP / IP untuk menghubungkan komputer dan server di seluruh World Wide Web, dan memungkinkan mereka untuk mengirim informasi bolak-balik dan berkomunikasi satu sama lain.

Meskipun alamat IP umumnya sangat sederhana dan mudah dimengerti, alamat IP bukanlah pengenal yang seragam. Faktanya, mereka sebenarnya datang dalam dua bentuk yang berbeda, dan setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik.

Terserah Anda untuk memutuskan jenis alamat Protokol Internet yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jadi, dalam artikel ini, kita akan mempelajari apa itu Dedicated IP, dan apa itu Shared IP juga.

Saya akan membandingkannya dan melihat apa keuntungan individual dari kekurangan setiap jenis alamat Protokol Internet, lalu merekomendasikan mana yang Anda perlukan! Saya harap artikel ini membantu Anda.

Apa itu Shared IP?

Alamat Protokol Internet Shared adalah jenis IP yang paling umum digunakan untuk sebagian besar server dan komputer yang mengakses World Wide Web. Dengan IP bersama atau IP Shared, setiap komputer, router, atau jaringan yang mengakses internet tidak memiliki string digit pribadi untuk mengidentifikasinya.

Tentu saja, setiap perangkat akan memiliki alamat MAC yang unik, tetapi membutuhkan lebih dari itu agar dapat online dengan benar. Untuk ini, Anda memerlukan alamat IP, dan saat Anda menggunakan Shared IP, Anda bukan satu-satunya perangkat yang menghubungkannya.

Alamat IP juga digunakan untuk mengidentifikasi banyak situs web lain yang dihosting oleh penyedia hosting yang sama. Faktanya, Shared IP sangat umum sehingga satu alamat digunakan untuk mencakup hampir semua situs web di seluruh server web.

Biasanya ketika Anda memiliki Shared IP, Anda dapat meng-host situs web Anda dengan lancar dan waktu henti yang sangat minimal. Pemeliharaannya baik dan Anda tidak akan menghadapi masalah apa pun untuk sebagian besar tujuan situs web.

Misalnya, jika Anda hanya ingin membuat situs web untuk bisnis kecil Anda, atau menulis blog pribadi, Anda dapat dengan mudah melakukannya di Shared IP dan tidak akan pernah menemui masalah.

Namun, Shared IP tidak sempurna untuk semuanya, dan meskipun mereka melayani sebagian besar persyaratan dengan sempurna, ada keuntungan menggunakan jenis lain dari alamat Protokol Internet.

Apa itu Dedicated IP?

Seharusnya cukup jelas apa yang dimaksud dengan alamat Protokol Internet Dedicated dibandingkan dengan IP Shared.

Dengan Dedicated IP, hanya situs web atau perangkat Anda yang diidentifikasi oleh rangkaian digit unik itu, dan karena itu Anda tidak berbagi dengan orang lain. Alamat IP adalah milik Anda sepenuhnya, dan itu berarti alamat tersebut mengarah langsung dan hanya ke situs Anda.

Ini pada dasarnya adalah jenis alamat IP yang berlawanan dengan Shared IP, dan memiliki berbagai manfaat bagi pengembang situs web besar, perusahaan besar, dan orang yang ingin menjalankan eksperimen intensif di hosting mereka.

Karena alamat Protokol Internet tunggal ini ditetapkan ke satu situs web, itu berarti jauh lebih banyak sumber daya – seperti daya pemrosesan dan Random Access Memory (RAM) – tersedia hanya untuk satu server itu.

Mari kita bandingkan dengan alamat IP Shared. Pada Shared IP, pada dasarnya Anda mendistribusikan sumber daya server di antara semua situs web yang dihosting. Dengan Dedicated IP atau IP khusus, di sisi lain, semua sumber daya langsung ke Anda karena Anda tidak berbagi dengan situs web lain.

Maklum, hal ini memiliki banyak keuntungan bagi bisnis besar. Misalnya, pengecer besar dengan toko e-niaga besar mungkin memerlukan alamat Protokol Internet Dedicated, dan itu bisa jadi karena berbagai alasan.

Pertama, Shared IP akan memiliki lebih banyak penyimpanan untuk situs web yang berat, dan koneksi yang lebih cepat untuk mengirimkannya ke klien mana pun – yaitu, pelanggan toko e-niaga – saat mereka mengirim permintaan HTTP ke server web.

Karena permintaan dapat ditangani lebih cepat, sambungan dapat membuat lebih banyak orang melihat dan berpindah-pindah situs. Selain itu, karena terdapat lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk digunakan, lalu lintas dalam jumlah besar dapat ditangani dengan mudah.

Namun keuntungan menggunakan Protokol Internet Dedicated, alamat dibandingkan dengan yang dibagikan jauh melampaui kecepatan koneksi internet dan kemampuan untuk menangani permintaan HTTP pada tingkat yang lebih cepat dan kapasitas yang lebih besar.

Faktanya, menggunakan Dedicated IP memiliki keuntungan pintu belakang bagi banyak pengembang di perusahaan besar yang ingin mengerjakan situs web baru tanpa membuatnya ditayangkan dan dapat diakses di internet arus utama.

Saat Anda terhubung ke situs web, Anda dapat menggunakan nama domain untuk dengan cepat dan mudah memberi tahu browser spesifik Anda alamat IP mana yang akan disambungkan.

Saat situs web Anda dihosting pada Shared IP, Anda tidak bisa begitu saja mengetik alamat IP Anda ke dalam bilah pencarian dan membuka situs web spesifik Anda.

Itu karena browser tidak mengetahui situs mana dari banyak situs web yang dihosting di IP tersebut yang ingin Anda lihat.

Namun, bila Anda memiliki alamat Protokol Internet Dedicated, hanya ada satu situs web atau kumpulan domain Anda sendiri yang ditetapkan ke IP tersebut, yang berarti pada dasarnya Anda dapat menggunakan alamat IP dari penyedia hosting Anda untuk mengakses situs web Anda.

Bagi banyak pengembang web, ini sangat bagus karena itu berarti mereka dapat menyembunyikan sebagian besar situs web dari arus utama internet saat mengerjakannya.

Jadi, meskipun Shared IP umumnya merupakan pilihan terbaik untuk sebagian besar situs web seperti situs bisnis kecil, blog, dan halaman web pribadi, mereka dapat memiliki keterbatasan dalam hal eksperimen, aplikasi web yang berat, memproses banyak permintaan HTTP di menilai lebih cepat, dan mengakses situs web hanya dengan mencari alamat IP di bilah pencarian Anda.

Untuk pengembang yang menginginkan keuntungan ini, Anda harus berusaha secara khusus menghubungi penyedia hosting Anda untuk meminta alamat IP Dedicated, yang mungkin juga akan dikenakan biaya lebih banyak.

Epilog

Dalam Shared IP vs Dedicated IP ini, Saya membahas apa itu Shared IP dan apa itu Dedicated IP, dan membandingkan cara kerjanya. Kami menjelaskan beberapa keuntungan dan kerugian masing-masing dan kapan serta di mana Anda akan menggunakan setiap jenis.

Jika Anda merasa artikel ini membantu Anda memahami apa perbedaan antara Shared IP vs Dedicated IP, pertimbangkan untuk membagikannya dengan komunitas internet lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.