Setting VLAN OLT HSAirPo Agar Terhubung ke MikroTik

0

OLT HSAirPo adalah alat jaringan fiber optic Plug and Play dengan fitur lengkap dan mudah digunakan. Fitur vlan juga tersedia dalam perangkat ini. Sebut saja HS-EPT1004 yang sudah banyak beredar di negara kita yang dibanderol sekitar 7 jutaan oleh para penjual.

olt hsairpo

Dengan menggunakan OLT di jaringan anda, tentunya akan lebih meminimalisir gangguan jalur pada jaringan anda jika dibanding menggunakan media konverter fiber optic. Kenapa begitu?

Sangat sederhana jawabnya, OLT menggunakan sistem satu titik kelistrikan untuk menyebarkan laser ke beberapa perangkat modem yang terhubung dengannya. Asalkan aliran listrik pada OLT tidak mati, maka bisa dipastikan jalur jaringan anda akan tetap selalu on.

Berbanding terbalik dengan media konverter, perangkat ini membutuhkan penempatan kelistrikan dari banyaktempat untuk meneruskan jaringan. Jika salah satu aliran listrik mati, maka jaringan berikutnya tidak bisa diteruskan.

Pada topik ini saya akan membahas settingan VLAN yang ada pada OLT HSAirPo. 

Untuk anda yang masih belum mengerti cara meneruskan VLAN dari mikrotik ke OLT HSAirPo, di web ini anda akan menemukan solusinya. Langsung saja yak!

Langkah-1: Login ke kontrol panel OLT HSAirPo

Untuk mengakses web management-nya, silahkan ketik alamat 192.168.1.100 dengan memasukkan default username: admin dan password: admin

Halaman login OLT hsairpo

Langkah-2: VLAN Config

Buat konfigurasi Virtual LAN di OLT, vlan ini harus sama angkanya dengan yang ada di mikrotik. Misal, vlan di mikrotik anda adalah 999, maka anda harus membuat vlan di OLT 999. Caranya:

  • Pergi ke menu VLAN Config. dan tambahkan vlan baru persis dengan yang ada di mikrotik.
  • Isi kolom VLAN ID: 999, Name: INTERNET,  State: Active > lalu klik tombol Add.

vlan olt hsairpo

Jika anda memiliki banyak vlan di mikrotik dan ingin diteruskan ke OLT maka anda harus menginputnya juga seperti pada langkah yang telah disebutkan sebelumnya.

Langkah-3: Menghubungkan VLAN ke masing-masing port PON

Konfigurasi selanjutnya adalah dengan menggabungkan VLAN ke tiap port PON yang ada di OLT. Caranya seperti berikut:

  • Pergi ke menu VLAN Config > Port-Based VLAN dan gabungkan vlan ke PON di OLT.
  • Centang pon1 dan isi kolom Link Type: hybrid, Acceptable Frame Type: All, Ingress Filter: Disabled > Klik tombol Modify.
  • Isi kolom Allowed VLAN ID: 999 dan klik tombol Add.

Nah sampai disitu konfigurasi OLT HSAirPo sudah selesai. Selanjutanya anda tinggal menancapkan kabel LAN dari mikrotik ke port GE1, GE2, GE3, GE4 (pilih salah satu saja).

Baca juga: Menghubungkan Mikrotik ke Router Totolink Melalui VLAN

Perbandingan OLT HSAirPO jika dibanding dengan OLT Hioso.

Ini sedikit bocoran saja ya!

Jika anda mempunyai SFP +8 dBm, lebih baik anda pasangkan di HSAirpo saja. Kenapa begitu? Menurut pengalaman saya ketika mencoba menggunakan OLT ini tidak ada kendala ketika terjadi pemadaman listrik. Ketika listrik menyala kembali setelah pemadaman listrik, arus laser akan langsung diteruskan ke modem tujuan dengan lancar.

Berbanding terbalik dengan OLT Hioso, Jika anda mempunyai SFP +8 dBm, sering kali anda harus cabut dan colok kembali SFP satu per satu ketika terjadi pemadaman listrik (OLT anda akan restart dan terus restart). Kenapa begitu? Ini yang perlu ditanyakan ke developernya! Kalau menurut saya pribadi, OLT tersebut tidak kuat menahan beban SFP +8 dBm ketika user di OLT semakin bertambah banyak. Jika terjadi seperti itu, ikuti tips berikut:

  1. Cabut semua SFP yang ada di OLT Hioso
  2. Tancapkan SFP satu per satu, lalu colokkan Pigtail/Patchcord ke SFP tadi.
  3. Tunggu beberapa saat higga semua user aktif.
  4. Tancapkan lagi SFP lainnya, dan ulangi hingga selesai.

Apakah anda mengalami hal seperti ini? silahkan tinggalkan pengalaman anda di kolom komentar. Semoga ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.