Benarkah Windows Defender Bukanlah Antivirus Penting di Komputer?

0

Antivirus (termasuk Windows Defender) dibuat dengan tujuan untuk menangkal berbagai virus dan malware masuk ke komputer kita. Antivirus diciptakan untuk memindai setiap file atau folder yang telah dibuat atau diunduh agar definisi terbaru dari virus yang dapat diperbarui. Malware yang dideteksi oleh perangkat lunak antivirus bersifat luas yang mencakup worm, keylogger, trojan, spyware, bot, dll. Dari sini saja sudah jelas, menginstal antivirus pada perangkat sangatlah penting untuk keseluruhan integritas data dan kesehatan perangkat itu sendiri

Windows Defender

Seperti yang kita semua tahu, Windows Defender adalah software antivirus default yang otomatis terinstall di Windows saat kita menginstall OS. Sementara hari-hari awal Windows Defender tidak terlalu mengesankan bagi para ahli teknologi, karena definisi virus sudah ketinggalan zaman dan tidak sejalan dengan apa yang diperlukan di era yang terus berubah. Namun, dengan penyetelan yang memadai dan pembaruan rutin, Microsoft telah memastikan bahwa Windows Defender telah menjadi program antivirus yang andal, meskipun bukan yang terbaik di kelas antivirus.

Benarkah Windows Defender Bukanlah Antivirus Penting di Komputer?

Windows Defender hadir dengan banyak fitur penting yang juga disediakan oleh sebagian besar pesaingnya. Antivirus ini memiliki alat pendeteksi dari program nakal secara real-time, perlindungan firewall yang sangat bagus dilengkapi dengan kontrol orang tua dan perpustakaan perlindungan virus yang telah ditingkatkan berdasarkan cloud. Namun, pertanyaan sebenarnya untuk ditanyakan dan diverifikasi adalah bagaimana Windows Defender bersaing dengan pesaingnya, dari segi fitur dan perlindungan.

Sepenting apapun fitur Windows Defender yang terus dikembangkan, fitur-fiturnya tidaklah sebagus keefektifannya yang telah terbukti ketika diterapkan pada skenario proteksi secara real-time. Di sinilah kita melihat kekurangan dari Windows Defender yang dianggap oleh sebagian orang bukanlah antivirus penting di komputer mereka.

Parental Control yang dijanjikan terbatas fungsinya dan itu hanya untuk browser Microsoft yang berarti bahwa fitur keamanan saat kita menjelajahi internet harus ditambahkan addon di browser lain, seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Windows Defender juga tidak dilengkapi dengan fitur VPN atau pengelola kata sandi. Benar, pengguna dapat dengan mudah menginstal alat pihak ketiga, tetapi fungsionalitas memiliki program antivirus yang terpasang di dalamnya adalah sesuatu yang diharapkan pengguna.

Terakhir, proteksi secara real-time (setiap saat) tidak seefektif seperti yang kita bayangkan. Banyak kejadian pada Windows Defender yang gagal memblokir jenis file berbahaya tertentu. Mungkin inilah yang dianggap oleh sebagian orang bahwa Windows Defender bukanlah antivirus penting di komputer atau laptop karena perlindungan real-time tidak secanggih program antivirus lainnya yang ada pada saat ini.

Selain itu, Microsoft tidak memperbarui database virusnya seperti para pesaingnya, hal ini menandakan ketidakmampuan Windows Defender untuk tetap mengikuti definisi virus yang sering berubah. Singkatnya, ini dapat diartikan bahwa, meskipun Windows Defender bukanlah program antivirus yang superior yang bertanggung jawab atas semua data kita di komputer, Windows Defender merupakan software gratis yang bagus untuk bekerja dalam kohesi dengan antivirus lain.

Lalu, Apa Pilihan Antivirus Yang Bagus Untuk Memproteksi Data di Komputer?

Ada banyak sekali pilihan antivirus yang bisa dipilih bagi Windows User di pasar. Namun, deretan nama antivirus yang paling pas untuk memenuhi kebutuhan dalam beradaptasi dan bekerja secara ekstensif untuk kita hanya sedikit jumlahnya. Ada alasan mengapa Norton, Kaspersky, Total AV, dan perangkat lunak serupa menjadi daftar terbaik di segmen antivirus. Mari kita pahami alasannya:

Norton

Norton telah bekerja keras untuk mendapatkan kembali kejayaannya dan terbukti berhasil melakukannya dengan hebat dan dengan dampak yang lebih besar. Program antivirus ini menyediakan berbagai rencana untuk para penggunanya dengan harga yang relatif murah. Sebut saja Norton 360, Antivirus ini sangatlah penting  untuk memenuhi kebutuhan berbeda yang akan dimiliki pengguna.

Prinsip utama atau fitur keamanan yang menjadi dasar antivirus adalah: Keamanan Perangkat, Cadangan Cloud, VPN yang secure, Dapat mengelola Kata Sandi, dan Kontrol Orang Tua (parentalcontrol). Jadi para ahli menganggap ini menjadi salah satu yang terbaik dan antivurus pernting untuk Windows di pasaran.

Keamanan Perangkat diperkuat oleh Symantec Online Network for Advanced Response (SONAR) yang memanfaatkan heuristik untuk menganalisis apakah file yang diberikan baik atau buruk. Hal ini membuat Norton memperbarui basis data virusnya dengan definisi yang terus berkembang dan bahkan membantu perangkat lunak tersebut melawan ancaman zero-day. Setelah diidentifikasi, file tersebut langsung dikarantina dimana Norton menghentikan semua layanan yang terkait dengan file tersebut agar tidak berjalan.

Antivirus ini juga disebut mahir untuk mencegah upaya yang akan mengenkripsi file pengguna (seperti yang terjadi dalam serangan ransomware), mentransfer data tanpa sepengetahuan pemilik komputer, atau membajak CPU sekaligus.

Cloud Backupy ang disediakan oleh Norton  memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan file penting di cloud dengan ruang cadangan yang dialokasikan berkisar antara 10GB hingga mencapai 75GB (tergantung pada paket yang dipilih). Hal ini menandakan peningkatan yang luar biasa dalam storage dibanding dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing Norton seperti Kaspersky dan Comodo.

Yang lebih keren lagi dari Norton adalah VPN dan Password Manager sangat berguna saat menjelajah internet dengan yang sebelumnya memiliki kebijakan ‘no log’, yang berarti bahwa perangkat lunak tidak merekam riwayat penjelajahan Anda saat menggunakan VPN. Banyak yang menyebut bahwa VPN sangat aman dalam enkripsi seperti juga dalam kecepatan yang berhasil dikirimkannya ke perangkat Anda.

Avast

Avast Antivirus adalah aplikasi keamanan internet terbaik dari yang terbaik yang dirancang oleh Avast untuk memberikan perlindungan terhadap perangkat lunak malware seperti Trojan horse, virus, worm, spyware, dan mencegah serangan perangkat lunak ransomware.

Avast berdedikasi untuk menciptakan dunia baru yang memberikan keamanan dan privasi bebas dari lokasi penggunanya, siapa Anda, dan bagaimana Anda terhubung ke dunia digital. Mereka menyediakan teknologi generasi mutahir untuk menghadapi ancaman dunia maya yang muncul dan mesin pembelajaran berbasis cloud yang menerima data dari jutaan pengguna dengan memfasilitasi kecerdasan buatan yang lebih pintar dan lebih cepat daripada orang lain.

Para peneliti dan insinyur keamanan yang berdedikasi sangat serius mengerjakan kebijakan mereka untuk memberikan manfaat maksimal bagi pengguna. Menurut saya pribadi, antivirus ini sangat bagus dan penting untuk mengamankan komputer dari serangan program tak dikenal yang ingin menguasai data kita.

TotalAV

TotalAV adalah software antivirus yang efisien yang memiliki database yang selalu diperbarui dengan baik untuk membaca pergerakan virus saat ini. Meskipun menyediakan perlindungan real-time, untuk mengaktifkannya, pengguna harus mengupgrade layanannya. Dengan kata lain, fitur TotalAV yang lengkap akan tersedia bagi pengguna setelah mereka membayar layanan premium yang dipilihnya.

Fitur-fitur lain seperti Secure VPN untuk melakukan penjelajahan yang aman dengan data tidak terbatas juga disedialkan oleh mereka. Pengelola kata sandi bawaan dan juga Adblocker disertakan dalam versi berbayar.

Disamping itu, Antivirus ini juga menawarkan kepada penggunanya program pengoptimalan PC yang dapat digunakan untuk memastikan memiliki komputer yang lebih cepat dan mengurangi kelambatan pada sistem operasi. Mereka juga mempromosikan waktu pengoperasian CPU yang lebih cepat, hal ini dibuktikan adanya fitur yang dapat menghilangkan pelacakan cookie sekaligus memberikan keamanan yang sempurna bagi pengguna di dunia maya sehubungan dengan masalah privasi. Antivirus ini tersedia di seluruh perangkat dan platform yang membuatnya serbaguna untuk setiap jenis pengguna.

Kaspersky

Kaspersky juga disebut salah satu nama unggulan lainnya dalam deretan antivirus. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan perlindungan malware yang sepenuhnya berbasis cloud yang akan memastikan bahwa definisi virus dan malware secara rutin diperbarui otomatis tanpa campur tangan pengguna.

Pembaruan berkala untuk perangkat lunak juga jauh lebih sering ter-update daripada Windows Defender yang menjadikan Kaspersky sebagai antivirus pering untuk komputer yang wajib dipilih.

Program ini memiliki kemampuan untuk memblokir semua situs phishing yang berarti bahwa pengguna akan terlindungi dengan baik di domain online meskipun scammer dan peretas mengganggu terus-menerus. Lebih lanjut lagi, Kaspersky memiliki fitur VPN dan pengelola kata sandi yang memberikan kemudahan akses ke ruang virtual bagi penggunanya. Namun, perlu dicatat bahwa VPN dari Kaspersky hadir dengan batas penggunaan data harian sebesar 200 MB.

Kesimpulan

Saat ini tersedia berbagai macam pilihan antivirus yang tersedia di internet. Anda bebas memilih salah satu dari mereka untuk dijadikan sebagai penjaga komputer. Memang benar, dahulu, Windows Defender banyak disepelekan orang-orang karena pihak Microsoft jarang sekali melakukan pembaruan dalam hal definisi virus. Lihatlah sekarang, jika anda rutin melakukan pembaruan yang disediakan oleh sistem operasi Windows, tentunya anda merasakan perbedaan yang ada pada Windows Defender.

Nah, Apa yang anda pikirkan sekarang? Pilih Windows Defender atau program antivirus pihak ketiga lainnya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.