Menghubungkan Mikrotik ke Router Totolink Melalui VLAN

0

Hal yang harus diketahui:

VLAN sangat penting fungsinya di Mikrotik. Dengan fitur tersebut anda dapat menghubungkan Mikrotik ke router Totolink atau router lainnya dengan jalur berbeda tetapi tetap pada 1 port ethernet melalui VLAN.

Pada artikel ini, saya akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat vlan di Mikrotik sekaligus menghubungkannya ke rotuer totolink dengan maksud agar router tersebut mendapatkan akses internet dengan jalur berbeda di mikrotik, yakni melalui vlan.

Vlan, seperti yang kita ketahui bersama, memungkinkan penambahan ethernet secara virtual pada jaringan berdasarkan satu titik lokasi anmun bukan lokasi secara fisik. Ini berguna dimana pada saat anda kehabisan port pada mikrotik, anda masih mempunyai kesempatan untuk membuat koneksi baru dengan jalur yang berbeda.

Meskipun ini adalah artikel singkat, namun artikel ini berisi informasi berguna tentang tata cara membuat vlan di Mikrotik dan prosesnya cukup mudah dan sederhana.

Untuk melakakukan demonstrasi ini, saya memiliki Mikrotik yang terhubung ke switchhub untuk mencapai tujuan saya, yaitu router totolink. Topologinya seperti ini:

Mikrotik > Switch > Router Totolink > Akses Internet

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

Cara Membuat VLAN di Mikrotik

Pastikan mikrotik anda sudah mendapatkan akses internet! Jika belum silahkan baca ini – 6 Langkah Konfigurasi MikroTik Agar Mendapatkan Akses Internet.

Dalam demo ini saya akan membuat VLAN pada ether 5 di mikrotik dengan ID vlan 544.

Langkah-1: Buka Interfaces, pada tab Interface klik +, anda akan menemukan VLAN. lihat gambar berikut –

Cara Menghubungkan Mikrotik ke Router Totolink Melalui VLAN

Langkah-2:  anda akan menemukan tab General pada jendela “New interface”. Isikan kolom Name: vlan1, VLAN ID: 544, Interface: ether5, tekan OK kalau sudah selesai. Lihat gambar berikut –

Langkah-3: Buat alamat IP baru untuk vlan anda. Buka IP > Addresses > klik tanda +. Isikan kolom Address: 192.168.7.1/24, Network: 192.168.7.0, dan pada Interface: vlan1.

Sampai disini cara membuat vlan di mikrotik telah selesai. selanjutnya kita akan menghubungkan router totolink ke mikrotik melalui vlan.

Setting WAN Router Totolink Menggunakan VLAN Agar Terhubung ke Mikrotik

Sebagai contoh, saya akan memakai router totolink dengan model: N200RE

Langkah-1: Nyalakan router totolink anda terlebih dahulu, lalu colokkan kabel LAN dari PC ke LAN totolink. dan akses kontrol panel totolink dengan alamat IP 192.168.0.1 atau dengan itotolink.net

Langkah-2:  Lakukan setup pada router totolink anda dengan melihat gambar dibawah ini –

Langkah-3: klik Skip

Langkah-4: Masuk ke kontrol panel totolink

Langkah-5: Atur WAN dengan mengisi kolom seperti gambar dibawah dan klik tombol Apply jika sudah selesai dan router anda akan reboot.

Langkah-6: Login kembali ke kontrol panel totolink, lalu klik tombol Advanced Setup

Langkah-7: klik menu pada tab sebelah kiri, Network > IPTV Settings > pilih Triple Play / IPTV > centang Internet > VID(2-4094): 544 > Apply

Selesai.

Cobalah router anda apakah sudah mendapatkan akses internet?

Penutup

Tutorial ini juga dapat diaplikasikandengan router merek lain seperti: Tenda, TP-Link, Mercusys, Netis, dll, dengan catatan router tersebut mempunyai fitur VLAN.

Ikutilah petunjuk “Cara Menghubungkan Mikrotik ke Router Totolink Melalui VLAN” seperti yang sudah diberikan diatas dengan teliti dan benar. Jika belum berhasil, silahkan ulangi kembali. saran saya “Jangan menyerah sebelum tujuan anda tercapai“.

Leave A Reply

Your email address will not be published.