Cara Update Driver di Windows 10, 8, 7 Otomatis dan Manual

0

Untuk mendapatkan kinerja yang optimal dari sistem operasi komputer Anda, khususnya Microsoft Windows, Anda harus mengupdate driver di Windows anda secara teratur.

Karena driver usang yang tidak kompatibel bisa menjadi masalah yang serius yang bisa menyebabkan blue screen pada layar anda. Jadi, Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui tentang beberapa cara untuk memperbarui driver dengan lebih nyaman.

Menjaga semua driver tetap mutakhir sangat penting seperti pembaruan windows. Driver lama dan ketinggalan jaman bisa menyebabkan banyak masalah.

PC Anda mungkin bekerja makin lambat dan banyak program mungkin tidak bekerja dengan baik. Pengguna yang paham tidak pernah meninggalkan PC-nya dengan komponen usang karena dia menyadari risiko driver yang sudah ketinggalan zaman.

Cara Update Driver di Windows

Meskipun Anda mendapatkan beberapa pembaruan driver melalui pembaruan otomatis windows, Anda masih perlu melakukan hal-hal tambahan untuk menjaga semua driver dan komponen tetap mutakhir.

Memperbarui driver di windows 10, 8 atau 7 bisa sangat mudah, bisa juga sangat rumit. Itu tergantung bagaimana Anda melakukannya. Sebenarnya ada dua cara untuk menginstal pembaruan terbaru untuk driver Anda.

Salah satunya adalah manual yang mungkin tampak agak rumit atau membosankan bagi pengguna yang masih awam dan normal. Yang lainnya otomatis dan lebih mudah.

Di artikel ini, tentu saja, menyarankan Anda untuk memilih metode otomatis. Karena Ini menghemat waktu Anda dari beberapa menit hingga beberapa jam. Namun, Berikut adalah metode untuk selalu memperbarui driver.

#1. Update Driver di Windows Secara Manual

Pembaruan manual gratis tapi panjang. Ini mungkin tampak agak rumit bagi Anda. Namun, Ada dua cara manual. berikut langkahnya –

a. Update driver di Windows menggunakan Device Manager

Di program Device Manager, Anda akan melihat semua daftar driver komputer Anda. Terkadang, Ini membantu untuk mengidentifikasi driver yang bermasalah. Namun, Jika Anda ingin memeriksa pembaruan terkini melalui itu, Anda tidak dapat melakukannya dengan satu klik. Anda perlu memeriksa dan menginstal pembaruan satu per satu. Berikut adalah instruksi yang harus anda lakukan.

Update Driver di Windows melalui Device Manager

  • Pertama-tama buka RUN dengan menekan tombol dengan logo Windows + R pada keyboard.
  • Kemudian, Ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.
  • Sekarang, Anda akan melihat jendela baru manajer perangkat mana. Di sana Anda akan melihat semua daftar driver PC Anda.
  • Untuk memperbarui salah satunya, Cukup klik kanan pada driver itu dan pilih Update Driver Software.
  • Sekarang, Anda akan mendapatkan dua opsi. a. Search automatically for updated driver software dan b. Browse my computer for driver software. Jika Anda memiliki koneksi internet yang bagus, Pilih opsi yang pertama (a). Anda juga bisa memilih yang kedua. Dalam hal ini, Anda harus memiliki paket driver offline yang disimpan ke storage lokal Anda.
  • Setelah memilih opsi pertama, Ini akan mencari perangkat lunak driver terbaru secara online dan memperbaruinya secara otomatis. Anda mungkin dimintai izin.
  • Jika Anda memilih, opsi Kedua, Anda perlu menelusuri dan memilih folder tempat penginstal driver telah disimpan/diunduh. Setelah melakukannya, PC Anda akan menginstalnya secara otomatis.

b. Update driver di Windows dari Paket Pemasang Terbaru Secara Manual

Terkadang, pengelola perangkat Windows mungkin tidak mendeteksi driver yang sebenarnya. biasanya, itu lebih sering terjadi diluar dugaan Anda. Akibatnya, hampir tidak mungkin untuk menginstal paket driver melalui Device Manager. Anda mungkin perlu memperbarui / menginstal driver dengan mengunduh paket file dari internet untuk melakukannya. Langkag yang harus anda lakukan

  • Pertama-tama, Kunjungi situs web produsen komputer Anda. Jika Anda memiliki PC Acer, Kunjungi saja acer.com. Untuk Lenovo, Kunjungi lenovo.com.
  • Untuk Apple, Buka apple.com. Anda harus menemukan pusat unduhan di mana Anda akan menemukan semua perangkat lunak driver terbaru.
  • Kemudian, Pilih nomor model Anda dan unduh perangkat lunak rilis yang tersedia. Harus ada opsi untuk mendeteksi model komputer Anda secara otomatis. Ini juga akan menyarankan Anda driver yang harus diperbarui.
  • Bagaimanapun, Jika Anda mengunduh driver secara manual, Anda dapat menginstal secara normal. Ini akan secara otomatis memperbarui versi yang ada.

Meskipun metode ini manual, secara teknis, mereka menyediakan gratis untuk pengguna.

Baca juga: Perbaiki Windows Explorer Error Terus Restart dan Crashing Loop

#2. Update driver di Windows dengan lebih nyaman dan aman

Ada beberapa orang seperti saya yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal sederhana. Tentunya proses update Driver sangat mudah. Tapi, terkadang bisa lama. Jika tidak, Anda tidak dapat memeriksa pembaruan driver terbaru secara teratur.

Dalam hal ini, Beberapa alat pihak ketiga dapat meringankan beban kita. Ada beberapa alat keren untuk merawat driver PC Anda. iObit Driver Booster adalah salah satunya. Sebenarnya, Ini adalah alat pihak ketiga yang sangat bagus untuk membuat aktivitas Anda lebih mudah.

a. Update Driver di Windows menggunakan iObit Driver Booster

Ini adalah alat yang sangat berguna untuk selalu memperbarui semua driver dan komponen game. Jika Anda belum menginstalnya, Anda harus segera melakukannya. Atau Anda dapat membeli versi pro-nya. Namun, Berikut adalah petunjuk berguna untuk menggunakan alat ini.

  • Pertama-tama, Unduh dan instal iObit Driver Booster (gratis).
  • Kemudian, langsung buka softwarenya. App ini akan secara otomatis memindai driver Anda dan menunjukkan kepada Anda mana yang perlu diperbarui.
  • Disitu Anda cukup memperbarui semua driver yang rusak, hilang, bermasalah, dan usang hanya dengan satu klik (lihat gambbar diatas).

b. Update Driver di Windows dengan Utilitas Pembaruan Driver Intel

Update Windows Drivers by Intel Driver Update Utility

Di PC windows Anda, Anda juga dapat memperbarui driver Anda dengan Intel Driver Update Utility. Anda harus mengunduhnya dari sini: http://www.intel.com/content/www/us/en/support/detect.html

Namun, alat ini tidak akan memperbarui semua driver. Ini hanya akan mendeteksi dan menginstal pembaruan untuk sejumlah driver yang sangat terbatas.

  • Setelah mengunduh utilitas pembaruan driver intel, Instal, dan luncurkan.
  • Kemudian, Klik Scan. Ini secara otomatis akan memindai PC Anda dan mencari pembaruan driver terbaru.
  • Setelah beberapa detik / menit, Anda akan mendapatkan daftar driver yang harus diperbarui. Anda dapat mengunduhnya dengan mengklik Tombol Unduh.
  • Setelah itu instal secara normal.

3. Update Driver di Windows 10, 8, 7 Secara Offline

Dalam beberapa kasus, Pengguna mungkin tidak dapat terhubung ke internet di PC karena berbagai alasan. Dalam hal ini, Satu-satunya cara untuk memperbarui driver adalah memperbarui dari file yang telah diunduh dengan cara meminjam komputer/laptop teman yang sudah terhubung ke internet.

Anda dapat mengunduh driver yang benar dari situs web produsen di PC lain. Kemudian, Salin ke flashdisk dan hubungkan flashdisk ke PC Anda. Setelah itu, Instal pembaruan dari flashdisk tersebut.

Overall

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari komputer Anda, Anda harus memperbarui driver secara teratur. Jadi, saya rasa tips ini akan membantu Anda.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.