Cara Screenshot di Windows 11 Tanpa Install Aplikasi

0

Pasti anda butuh fitur tangkapan layar kan? Pada postingan ini saya akan memandu anda cara mengambil screenshot di Windows 11 yang paling sederhana .

Cara Membuat Screenshot di Windows 11

Sebenarnya, ada banyak cara bikin screenshot di PC Windows seperti menggunakan Prt Scr, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dll. Namun apakah anda tahu cara menyelesaikannya? Yuk baca panduannya!

3 Metode Menggunakan Prt Scr

Tombol Prt Scr yang ada di keyboard anda adalah singkatan dari Print Screen yang dirancang khusus oleh Microsoft untuk tujuan mengambil tangkapan layar. Dengan kunci ini anda memiliki tiga cara dasar untuk mengambil tangkapan layar sebagai berikut:

Menggunakan tombol keyboard Prt Scr

Dengan cara ini anda akan dapat menangkap tampilan seluruh layar dan menempelkan (paste) tangkapan layar ke perangkat lunak lain seperti Word, Paint atau jendela perpesanan Facebook, Whatsapp, Viber, dll.

Setelah hasil screenshot dipaste ke dalam Paint, Anda juga bisa mengedit gambar seperti painting, cropping, annotating, dan banyak lagi.

Cara Screenshot di Windows 11

Menggunakan tombol keyboard Win + Prt Scr

Apabila anda menggunakan kombinasi tombol Win ditambah tombol Prt Scr untuk membuat Screenshot di Windows 11, screenshot akan secara otomatis disimpan ke komputer anda sebagai file .png di folder Pictures pada File Explorer.

Sebelumnya cara ini hanya menggunakan tombol Prt Scr yang hasil screenshotnya hanya disimpan di clipboard dan dapat ditimpa oleh data lain.

Menggunakan tombol keyboard Alt + Prt Scr

Cara terakhir mengambil screenshot di Windows 11 menggunakan Prt Scr, ketika anda menggabungkan tombol Alt dengan tombol Prt Scr, anda akan mengambil tangkapan layar dari jendela saat ini (yang saat ini dipilih) alih-alih seluruh layar.

Setelah menangkap, anda dapat menempelkan (paste) tangkapan layar tersebut ke Paint, Word, atau chat.

Screen Capture dengan Snipping Tool (Snip & Sketch)

Sebelumnya, Windows 10 dan versi pertama Windows 11 hadir secara paralel dengan dua alat tangkapan layar, Snipping Tool dan Snip & Sketch.

Baca juga: Cara Ubah Tampilan Klik Kanan Windows 11 Agar Terlihat Seperti Windows 10

Namun, kemudian dalam pembaruan terbaru akhir-akhir ini, Windows 11 rupanya telah menggabungkan kedua alat ini secara bersamaan dan mengambil nama umum Snipping Tool. Oleh sebab itu, Snipping Tool sekarang akan memiliki fitur pengeditan foto Snip & Sketch.

Untuk mengambil screenshot di Windows 11 dengan Snipping Tool, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka aplikasi Snipping Tool dengan menekan tombol Start lalu ketik Snip lalu klik pada kolom pencarian.

Langkah 2Antarmuka Snipping Tool akan muncul dengan 3 tombol. Tombol New dengan ikon + untuk mengambil tangkapan layar. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Windows + Shift + S untuk mulai merekam.

Tombol mode Windows dengan ikon jendela yang tumpang tindih digunakan untuk memilih mode pemotretan.

Ada 4 mode yang dapat Anda pilih termasuk mode Rectangle (Anda menyeret mouse untuk memilih bingkai tangkapan persegi panjang), mode Windows (pengambilan jendela, Anda memilih jendela aplikasi yang ingin Anda tangkap), Mode layar penuh (menangkap seluruh layar ). ) dan Mode bentuk bebas (Anda memilih area pemotretan jarak bebas, jenis bentuk apa pun).

Tombol ketiga dengan ikon jam dengan fungsi pengatur waktu memiliki 4 mode untuk Anda pilih termasuk Tanpa penundaan(memotret segera saat Anda menekan tombol Baru), Snip dalam 3 detik (membutuhkan waktu setelah 3 detik), Snip dalam 5 detik (membutuhkan waktu setelah 5 detik) dan Snip dalam 10 detik (memerlukan waktu setelah 10 detik).

Langkah 3: Saat memotret, anda juga memiliki tombol untuk memilih mode pemotretan dan tombol X untuk keluar .

Langkah 4: Setelah pengambilan selesai, jendela yang dihasilkan akan muncul. Di sini, selain 3 tombol kontrol yang disebutkan di atas, anda akan memiliki tombol lain.

  1. Yang pertama adalah tombol Ballpoint pen dengan fungsi membuat catatan. Anda dapat mengklik kanan tombol ini untuk memilih warna dan ukuran goresan.
  2. Highlighter (penanda) dengan fungsi menandai hal-hal yang Anda butuhkan. Anda juga dapat mengklik kanan tombol ini untuk memilih warna dan ukuran.
  3. Penghapus (penghapus).
  4. Penggaris / Busur Derajat (penggaris / busur derajat). Klik untuk memilih antara penggaris dan busur derajat.
  5. Touch writing (alat yang mendukung penulisan dengan sapuan jari).
  6. Pangkas gambar (pangkas gambar).
  7. Urungkan/Ulangi (urungkan/ulangi).
  8. Zoom (memperbesar gambar).
  9. Simpan sebagai (Ctrl + S).
  10. Salin (Ctrl + C).
  11. Bagikan (bagikan)

Baca juga: Cara Mengubah Bahasa Di Windows 11

Fitur lain yang berguna dari Snipping Tool adalah kemampuan untuk menamai gambar secara otomatis berdasarkan waktu pengambilan foto. Ini memudahkan untuk menemukan foto yang perlu anda gunakan.

Ambil Screenshot di Windows 11 dengan Xbox Game Bar

Di dalam Snipping Tool, Windows 11 juga memiliki alat bawaan yang dapat membantu Anda mengambil tangkapan layar, yaitu Xbox Game Bar untuk membuat screenshot di Windows 11. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1 : Buka Xbox Game Bar dengan menekan Win + G pintasan keyboard atau temukan dan buka melalui Start Menu.

Langkah 2 : Klik tombol Capture jika jendela Capture tidak muncul dengan sendirinya.

Langkah 3 : Klik ikon Kamera di jendela Tangkap untuk mengambil tangkapan layar. Alih-alih menekan tombol, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Win + Alt + Prt Scr . 

Tangkapan layar yang diambil oleh Xbox Game Bar akan disimpan di folder C:\Users\User Anda\Videos\Captures. Di mana, Akun Pengguna adalah nama akun yang Anda gunakan di komputer Anda.

Baca juga: Cara Flush DNS dan Reset Koneksi di Windows

Secara pribadi, Saya tidak menyukai metode pengambilan screenshot dengan Xbox Game Bar karena terlalu rumit dibandingkan dengan metode lainnya.

Kesimpulan

Membuat screenshot di Windows 11 itu adalah mudah bagi pengguna yang sudah terbiasa mengoperasikan OS Windows. Namun bagi yang masih awam, ini merupakan hal baru yang harus dipelajari. Maka dari itu, postingan ini sengaja dibuat khusus untuk anda yang belum bisa membuat screenshot dengan media bawaan Windows 11.