Cara Redirect Situs HTTPS dengan Mikrotik Agar Masuk ke Halaman Login Hotspot

0

Jika Anda mengaktifkan hotspot di router Mikrotik milik Anda, salah satu masalah yang mungkin Anda alami adalah situs HTTPS tidak dapat di redirect atau dialihkan ke halaman hotspot untuk melakukan otentikasi.

Jika ini memang benar masalah yang Anda alami, dalam artikel ini saya akan memecahkan semua masalah yang Anda butuhkan untuk menyelesaikannya.

Dalam pikiran Anda, saat Anda mengaktifkan ftur hotspot yang ada di Mikrotik, Anda ingin pengguna terhubung ke jaringan nirkabel/wifi dengan harapan semua website (termasuk website HTTPS) dapat di redirect ke halaman login untuk otentikasi sebelum mendapatkan akses internet yang inginkan oleh pengguna.

Dengan pengaturan default hotspot Mikrotik, hanya jenis situs HTTP yang dapat diarahkan ke halaman login. Pengguna situs HTTPS hanya mendapatkan pesan kesalahan pada browser mereka.

Beberapa tahun yang lalu, hal ini tidak menjadi masalah karena hampir setiap situs web hanya menggunakan port 80 ( HTTP). Namun untuk saat ini, sebagian besar website sudah banyak yang beralih ke port 443 (HTTPS) yang tentunya ini menjadi masalah besar bagi pengguna router Mikrotik.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mendapatkan sertifikat yang telah ditandatangani dari otoritas sertifikat atau cukup buat sendiri! Untungnya, router Mikrotik memiliki fitur yang memungkinkan kita melakukan itu. Jadi, Saya akan membuat sertifikat sendiri untuk diaplikasikan ke hotspot Mikrotik dengan tujuan untuk mengarahkan pengguna HTTPS ke halaman login Mirotik.

Ikuti langkah sederhana ini agar situs HTTPS dapat di redirect ke halaman login hotspot.

Langkah awalnya Anda harus membuat sertifikat SSL yang Anda tandatangani sendiri di router Mikrotik dengan membuka jendela New Terminal dan tempelkan perintah di bawah ini.

/certificate
add name=ca-template common-name=httpsCA key-usage=key-cert-sign,crl-sign
sign ca-template name=httpsCA
add name=Hotspot-template common-name=Hotspot
sign Hotspot-template ca=httpsCA name=Hotspot
set [find name=Hotspot] trusted=yes

Copy semua kode perintah diatas dan paste ke New Terminal, lalu tekan ENTER. Hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

Pastikan sertifikatnya sudah muncul di jendela System > Certificates.

Jika hotspot Anda sudah dikonfigurasi, lanjutkan ke langkah berikutnya, jika belum, klik di sini untuk melihat cara mengkonfigurasi hotspot di router Mikrotik.

Sekarang lihat di profil server hotspot, buka jendela IP > Hotspot > Server profiles (tab). klik dua kali pada hotspot Anda dan pastikan untuk mencentang kotak di samping HTTPS Redirect. Klik panah di samping SSL Certificate dan pilih sertifikat yang Anda buat sebelumnya (Pilih Hotspot). Lihat gambar di bawah.

Cara Redirect Situs HTTPS dengan Mikrotik

Selanjutnya, aktifkan layanan www-ssl di router. Untuk melakukan ini, buka jendela IP > Services, Anda harus mengaktifkan www-ssl dan pilih sertifikat Anda (sertifikat yang sama dipilih pada gambar di atas). Lihat langkah-langkah pada gambar di bawah ini.

Itulah yang harus Anda lakukan agar situs HTTPS bisa di redirect ke halaman login hotspot. Namun, situs seperti Facebook, Google, dan YouTube tidak akan mengalihkan. Situs-situs ini tidak akan meminta pengguna untuk melanjutkan karena menggunakan protokol HTTP Strict Transport Security (HSTS).

Selain dari situs-situs yang disebutkan diatas, hampir semua situs https lainnya akan memperingatkan pengguna tetapi akan menyediakan tautan bagi mereka untuk melanjutkan ke halaman login.

Tampilan peringatan situs https akan di redirect ke halaman hotspot. jika dilihat dari Mozilla Firefox.

 

HARAP DICATAT

Tutorial ini tidak sepenuhnya sempurna seperti yang sudah saya gambarkan diatas. Jika anda bisa menyempurnakannya mohon tulis komentar agar saya bisa memperbaiki artikel ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.