Cara Menutup Paksa Program Windows di PC

0

Saat main game atau lagi asik-asiknya ngedit sesuatu, tiba-tiba program yang kita gunakan “Not Responding” dan membuat kita harus menutup paksa program tersebut dari komputer. Kesel banget ya pastinya!!!

Biasanya ini disebabkan oleh aplikasi yang belum sempurna (uji coba/beta), bug pada aplikasi, spesifikasi PC kurang mendukung, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Menghentikan aplikasi dengan paksa atau dikenal dengan istilah “Force-Quit” adalah tindakan untuk mengakhiri tugas ketika aplikasi tertutup dengan sendirinya meskipun kita tidak melakukan tindakan untuk menutup program tersebut. Biasanya ini ditandakan pada saat Windows tidak memberi anda opsi “Segera Menutup” dan “Waiting Respons Program” seperti yang diharapkan.

Jika suatu saat ini anda alami, Gunakan metode yang disebutkan di bawah untuk memaksa berhenti program dimaksud, dan ini akan memastikan bahwa anda dapat menonaktifkan task dan memulainya kembali.

Jangan Menutup Paksa Program Windows di PC
Gambar by Pixabay

Apa yang terjadi kalau menutup paksa program yang sedang berjalan di Windows?

Data tidak akan tersimpan di aplikasi – Jika anda memiliki data yang belum tersimpan di aplikasi namun aplikasi itu keluar/berhenti dengan sendirinya, maka data itu tidak akan tersimpan. Misalnya, anda sedang mengerjakan dokumen Word atau Excel, dan anda belum pernah menyimpannya sama sekali, maka data tersebut akan hilang.

Meskipun aplikasi tersebut secara otomatis menyimpan data untuk anda, kemungkinan data itu akan hilang, tetapi anda masih bisa memulihkan data yang belum disimpan tersebut dengan fitur Document Recovery di MS Word

Jika anda tidak ingin kehilangan data yang belum tersimpan, sebaiknya anda save dulu data anda sedikit demi sedikit. Disarankan anda jangan menutup paksa program tersebut, lebih baik tunggu hingga sistem menghentikannya otomatis. Ini mungkin memerlukan waktu beberapa saat dan sedikit kesabaran anda saja.

Program Korup – Hal yang kemungkinan terjadi jika menutup paksa program adalah, aplikasi tersebut menjadi korup dan harus di install ulang. Disarankan anda memakai aplikasi yang benar-benar genuine atau bukan aplikasi bajakan.

Biasanya aplikasi bajakan menawarkan kemudahan dengan memakai program pendukung tambahan seperti crack atau keygen yang mungkin saja pada aplikasi tersebut sengaja ditanam malware, spyware, ataupun ransomware hingga menyebabkan sistem operasi anda lemah, bahkan data anda akan hilang sepenuhnya karena dicuri program jahat.

Cara Menutup Paksa Program

Ada beberapa cara untuk memaksa keluar program yang tidak responsif. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah anda coba, sementara yang lain bisa menjadi wawasan yang berguna untuk toolkit anda saat task manager sudah tidak mampu menjalankan tugasnya.

Gunakan Pintasan Keyboard [Alt + F4]

Pasti anda sering menggunakan cara ini kan? Tekan tombol Alt + F4 saat aplikasi macet atau berhenti merespons. Pintasan ini adalah jalur menuju “Kill Task” yang akan mematikan program sepenuhnya. Pastikan aplikasi yang ingin anda coba hentikan dipilih berada di area latar depan, jika tidak, anda mungkin akan secara tidak sengaja mengakhiri beberapa task lain yang tidak anda inginkan.

Untuk memastikan anda menutup jendela aplikasi yang benar, langkah yang harus anda lakukan adalah tahan Alt tombol untuk menyorot menu, lalu pencet F4.

Ini menyelesaikan hal yang sama seperti mengklik “X” atau “Close” di sudut kanan atas program, dan merupakan pintasan keyboard paling cepat yang berguna untuk segera menghentikan program tanpa perlu menutup melalui perintah “X“.

Gunakan Opsi “End Task” di Task Manager

Pengguna baru Windows 11 pasti bingung tentang ini, Task Manager tidak ada di taskbar, ya kan!! Jika Alt + F4 masih belum bisa menolong anda, gunakan Task Manager untuk benar-benar menutup secara paksa program yang tidak bisa di close. Berikut cara melakukannya:

Untuk pengguna windows 10/8/7 atau dibawahnya klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Untuk pengguna Windows 11 klik Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan untuk membuka Task Manager. Klik “More Details “ untuk melihat pengelola tugas lebih lengkap.

Secara default, Anda akan langsung berada di bawah tab “Processes” jika membuka Task Manager. Cari dan temukan pelakunya dalam daftar proses yang berjalan dan pilih (klik satu kali saja), Kemudian klik End Task di pojok kanan bawah untuk mengeksekusi untuk menutup paksa program di komputer.

Gunakan Command Prompt

Jika karena suatu alasan tertentu anda tidak dapat memaksa keluar program dengan menggunakan pintasan keyboard atau task manager, jangan khawatir, Masih ada Command Prompt untuk mematikan aplikasi yang dibekukan.

Khusus untuk metode ini saya akan mengajarkan anda cara termudah untuk menutup paksa program menggunakan Command Prompt, karena dalam banyak kasus yang terjadi kebanyakan orang tidak tahu persis nama proses program executable (EXE) yang ingin dimatikan, dan jikalau tahu nama program EXE yang ingin dimatikan prosesnya, biasanya mereka malas untuk mengetiknya dengan nama yang panjang.

Oleh sebab itu, anda harus menemukan ProcessID (PID) di Task Manager yang berupa angka pendek dan menjalankan perintah yang sedikit berbeda untuk menutup paksa program atau aplikasi yang tidak bisa dihentikan.

Untuk menemukan PID, silakan buka Task Manager dan pilih opsi tab Details.

ProcessID (PID)

Sekarang, ini sebagai contoh saja yak! saya akan mendemonstrasikan kepada anda cara menutup program melalui Command Prompt dengan menggunakan PID. Misal, ingin menutup aplikasi Google Earth (googleearth.exe) dengan PID 3432.

  • Tekan Windows key + R, ketik  cmd lalu tekan OK untuk menjalankannya.
  • Ketik perintah prompt: taskkill /pid 3432 /t /f

Jika Anda bertanya-tanya arti perintah /t dan arti /f/t untuk memastikan bahwa semua proses anak juga ikut ditutup, sementara /f untuk memastikan bahwa proses ditutup secara paksa.

Gunakan Aplikasi

Aplikasi ini berfungsi sebagai alternatif Task Manager Microsoft, ini bukanlah aplikasi pihak ketiga. Namun aplikasi ini harus diinstal secara terpisah yang pasti saya sarankan jika anda mencari pengelola tugas yang handal.

Download: Process Explorer

Setelah anda selesai mengunduh, jalankan aplikasinya. Disitu anda akan menemukan program apa saja yang sedang berjalan di sistem operasi. Yang canggih lagi adalah, dengan aplikasi Process Explorer anda juga dapat membekukan palikasi, membunuh program sampai ke akar-akarnya, dan me-restart program secara paksa.

Berikut sekilas info tentang fitur Process Explorer:

  • Kill Process: Untuk menghentikan satu proses (End Task)
  • Kill Process Tree: Untuk menghentikan program lengkap beserta anaknya.
  • Restart: Untuk memuat ulang program secara paksa.
  • Suspend: Untuk membekukan program agar tidak berjalan untuk sementara waktu. (Ini sama dengan Pause jika kita menonton video)

Suspend

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa cara untuk menutup paksa program yang macet, atau yang tidak bisa ditutup/dihentikan, menghentikan proses yang sedang berjalan di komputer taua laptop Windows. Sedikit pengingat untuk anda, menghentikan paksa program yang sedang berjalan bisa saja menyebabkan aplikasi korup dan data tidak akan tersimpan. Jadi, tunggu hingga program tersebut ditutup otomatis oleh sistem.

Semoga postingan ini bermanfaat, dan jangan lupa bagikan info menarik ini ke teman-teman anda. Jika anda punya cara lain untuk memaksa keluar program dari komputer, silakan isi komentar dibawah.