Cara Menonaktifkan dan Menghapus OneDrive di Windows 11

0

Cara Disable dan Uninstall OneDrive di Windows 11

OneDrive adalah aplikasi bawaan Microsoft yang otomatis tertanam saat instalasi Windows 11. Jika Anda baru saja melakukan pembaruan atau baru menginstal Windows 11, pastinya anda akan melihat bahwa OneDrive diluncurkan secara otomatis setiap kali anda menyalakan PC. Jika Anda tidak ingin menggunakan program ini sama sekali dan ingin menonaktifkan atau menghapusnya, dalam artikel ini anda akan menemukan panduan yang tepat cara menonaktifkan dan menghapus OneDrive di Windows 11.

Sebelum melanjutkan ke topik lebih dalam, ada baiknya anda mengetahui apa itu OneDrive dan apa fungsinya? Microsoft OneDrive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang ditawarkan oleh Microsoft kepada penggunanya dan menyediakan ruang penyimpanan online untuk menyimpan file yang dapat disinkronkan ke komputer.

Saat ini, layanan penyimpanan cloud sangat populer di seluruh dunia. Orang-orang menggunakan ini untuk tujuan mem-backup atau mencadangkan file. Sebagai contoh, jika PC anda rusak dan anda kehilangan file dalam penyimpanan lokal drive, namun anda telah menyinkronkan file penting tersebut ke penyimpanan cloud, maka anda dapat dengan mudah mengambilnya kembali dari penyimpanan cloud tersebut.

Selain itu, layanan penyimpanan cloud juga memiliki peran penting dan memudahkan kita untuk berbagi file dengan orang lain. Setelah mengunggah file, anda dapat membuat tautan otomatis yang kemudian dapat dibagikan ke teman anda dan mereka akan dapat mengunduh file tersebut dengan mudah.

Baca juga: Panduan Cara Membuat Taskbar Windows 11 Transparan Sepenuhnya

Salah satu keunggulan dari OneDrive adalah platform ini menyediakan fitur gratis yang dapat digunakan untuk penyimpanan 5 GB pertama, Setelah mencapai batas maksimal penggunaan, anda harus mengupgrade layanan penyimpanan cloud tersebut dan membayarnya sesuai ketentuan yang dibuat oleh Microsoft.

Namun bagi kebanyakan orang, OneDrive adalah program yang masih asing yang membuat PC menjadi lambat, dan juga mereka tidak mengetahui apa itu fungsi dan kegunaannya. Untuk anda yang ingin men-disable atau bahkan meng-uninstall OneDrive di Windows 11, harap mengikuti panduan langkah demi langkah yang didemonstrasikan dalam artikel ini.

Cara menonaktifkan OneDrive di Windows 11

Untuk menghentikan penggunaan OneDrive, anda tidaklah harus mencopot instalannya. Sebagai gantinya, anda dapat menonaktifkan OneDrive ini agar tidak sinkron lagi ke PC Anda, dan/atau menghentikan OneDrive agar tidak berjalan lagi saat startup sistem operasi mulai berjalan.

Dengan demikian, anda akan selalu dapat menggunakan OneDrive kembali tanpa harus mengunduh atau menginstal ulang lagi jika Anda berubah pikiran nantinya. Berikut cara disable OneDrive di Windows 11.

Hapus Link OneDrive dari PC Anda

1. Pada desktop Win 11, klik ikon OneDrive di sudut taskbar.

Menonaktifkan OneDrive di Windows 11

2. Selanjutnya, klik menu Help & Settings, lalu pilih Settings.

3. Pilih tab Account dan klik opsi Unlink this PC.

4. Saat Anda diminta melakukan konfirmasi untuk memutuskan tautan akun di PC anda, klik tombol Unlink account untuk melanjutkan.

Selesai, dan kini OneDrive telah berhenti menyinkronkan file anda mulai dari sekarang dan seterusnya. Namun keadaan ini masih tetap diluncurkan otomatis saat startup Windows, tetapi akan berhenti menyinkronkan file sampai anda berubah pikiran untuk menautkan akun Microsoft lagi.

Baca juga: Cara Menonaktifkan dan Menghapus Microsoft Teams di Windows 11

Menghentikan service OneDrive agar tidak berjalan saat startup

Untuk men-stop layanan OneDrive agar tidak lagi berjalan secara otomatis setiap kali Anda menyalakan komputer dan masuk ke Windows, ikuti petunjuk berikut ini untuk menonaktifkan OneDrive sebagai program yang berjalan saat startup.

1. Tekan tombol keyboard anda secara bersamaan “CTRL+SHIFT+ESC” untuk membuka Task Manager.

2. Klik pada tab Startup. Jika tab tidak muncul sama sekali, klik More details terlebih dahulu untuk membuka jendela Task Manager.

3. Dari daftar program startup yang berjalan, klik kanan pada Microsoft OneDrive lalu pilih opsi Disable untuk membuatnya berhenti berjalan saat startup Windows.

Setelah anda melakukan perubahan dengan mengklik disable pada Microsoft OneDrive yang ada di daftar Task Manager, tiba waktunya anda me-restart PC Anda. Dan ketika PC anda menyala lagi, dapat dipastikan OneDrive tidak akan lagi terbuka otomatis saat startup.

Baca juga: Cara Menambahkan VPN di Windows 11, Mengatur, Dan Menghapus

Cara menghapus OneDrive di Windows 11

Jika anda memutuskan untuk meng-uninstall OneDrive di Windows 11 secara menyeluruh, berikut cara melakukannya.

1. Klik kanan pada Start menu dan pilih opsi Settings.

Cara menghapus OneDrive di Windows 11

2. Pilih Apps yang ada di panel sebelah kiri.

3. Setelah itu, pindah ke panel sisi kanan dan pilih opsi Apps & features.

4. Gunakan kolom pencarian di bawah App list dan cari OneDrive.

5. Setelah anda menemukan Microsoft OneDrive, klik ikon bertitik tiga di sebelahnya, lalu klik Uninstall.

6. Ketika Anda diminta untuk konfirmasi pencopotan denganpertanyaan “This app and its related info will be uninstalled“, klik tombol Uninstall lagi.

Melakukannyakonfirmasi uninstall akan menghapus Microsoft OneDrive selamanya dari PC Windows 11 Anda. Anda harus menginstal ulang program tersebut jika berubah pikiran dan ingin memakai OneDrive lagi. Jika memang benar demikian, anda dapat dengan mudah memasang lagi OneDrive melalui start menu dan pilih Microsoft Store.

Baca juga: Cara Flush DNS dan Reset Koneksi di Windows

Kesimpulan

Jika anda benar-benar tidak lagi membutuhkan lagi OneDrive. cara diatas dapat anda terapkan untuk menonaktifkan sinkronisasi OneDrive dan menghentikannya berjalan saat startup, atau menghapus instalannya dari Windows 11. Jika anda mempunyai cara lain yang lebih sederhana, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat!