Cara Menonaktifkan Advertising ID di Windows 11

0

Apakah anda ingin menonaktifkan Advertising ID yang ada di Windows 11? Anda mecari tutorial ini kan? Ayo ikuti petunjuk cepat dan mudah yang tersedia pada artikel ini!

Setiap komputer maupun laptop Windows pasti memiliki Advertising ID seperti yang ada di perangkat Android anda. Microsoft sudah merancang fitur ini saat anda baru melakukan instalasi Windows 11 atau 10 sehingga kode unik pada fitur Advertising ID akan dibuat secara otomatis untuk setiap profil pengguna di komputer.

Selain itu, dengan mengaktifkan Advertising ID, aplikasi yang berbasis lokasi akan dapat mencari dan mengakses lokasi untuk memberi anda iklan dan layanan yang ditargetkan. Selain itu, dengan adanya fitur ini pihak pengiklan juga dapat melacak tren suka, tidak suka, dan penjelajahan anda agar iklan dapat ditampilkan secara relevan kepada anda di aplikasi mereka.

Bahkan yang membuat kita merasa aneh tentang fitur ini adalah Microsoft menggunakan Advertising ID ini untuk menayangkan iklan kepada Anda di Pusat Tindakan, Start menu, dan Aplikasi Microsoft yang lainnya. Meskipun fitur ini bermanfaat untuk Microsoft & pengiklan, pastinya ini akan menjadi perhatian khusus bagi setiap pengguna yang fokus pada privasi.

Jadi, jika ingin menjaga privasi anda agar tetap aman dengan sangat serius, anda harus menonaktifkan Advertising ID ini dari PC. Oleh karena itu, pada artikel yang saya buat kali ini, saya akan menginfokan panduan langkah demi langkah untuk men-disable Advertising ID di Windows 11.

2 Cara untuk Menonaktifkan Advertising ID di Windows 11

Penting: saat saya membuat konten ini, saya menggunakan sistem operasi Windows 11 untuk mendemonstrasikan prosesnya kepada anda. Jika anda adalah pengguna Windows 10, anda hanya perlu menerapkan langkah yang sama.

Disable Device Advertising ID Melalui Menu Settings

Dalam metode ini, saya akan menggunakan pengaturan Windows 11 untuk mematikan ID Advertising ID. Berikut adalah petunjuk sederhana yang perlu anda ikuti.

1. Pencet Start Menu dan pilihlah Settings.

Langkah awal Menonaktifkan Advertising ID di Windows 11

2. Pada halaman pengaturan tersebut, klik opsi Privacy & Security.

3. Sekarang, sesudah melewati Privacy & Security, scroll ke bawah dan klik opsi General, tepatnya di bawah Windows permissions.

4. Sesudah melalui General, Pencet saklar menjadi Off pada opsi Let apps show me personalized ads using my advertising ID.

Nah dari situ kita sudah menyelesaikan tugas menonaktifkan Advertising ID di Windows 11. Bagaimana menurut anda, sangat mudah bukan? Sekarang kita lanjutkan misi ke metode berikutnya!

Mematikan Advertising ID Melalui Local Group Policy Editor

Dalam metode ini, saya akan menggunakan langkah melalui Editor Kebijakan Grup Lokal untuk mendisable ID iklan perangkat pada Windows 11. selanjutnya, silakan ikuti beberapa langkah sederhana di bawah yak!

1. Buka kotak dialog RUN dengan menekan tombol Windows Key + R bersamaan pada keyboard Anda.

2. Pada kolom dialog RUN, ketikkan kata gpedit.msc dan tekan tombol Enter atau OK.

3. Pastinya anda berhasil membuka Local Group Policy Editor.

4. Sekarang waktunya anda menjelajahi path Computer Configuration > Administrative Templates > System > User Profiles.

5. Geser ke panel sebelah kanan, temukan dan klik dua kali pada Turn off the advertising ID policy.

6. Selanjutnya, pada tahap akhir ini, jendela baru akan terbuka, pilih opsi Enabled dan tekan tombol OK atau Apply untuk mematikan Advertising ID di perangkat Windows 11 anda.

Setelah anda selesai melakukan perubahan di atas, harap me-restart PC atau Laptop anda untuk memastikan bahwa anda telah berhasil menonaktifkan Advertising ID di Windows 11.

Kesimpulan

Jika anda ingin melindungi dan mengamankan privasi PC atau Laptop Windows, Anda harus menonaktifkan Advertising ID. Saya harap artikel ini membantu menangani masalah Anda! Silakan bagikan info ini ke teman-teman Anda juga. Jika anda memiliki keraguan dan pertanyaan tentang ini, beri tahu saya di kotak komentar di bawah.