Cara Mematikan Update Windows 11 Sementara & Permanen

0

Mematikan update windows 11 akan lebih menghemat ruang disk pada drive C:\. Biasanya, bekas file pembaruan ini tidak akan otomatis terhapus oleh sistem yang bisa membuat drive anda cepat penuh tanpa disadari.

Seperti yang kita semua ketahui, Microsoft secara bertahap merilis pembaruan untuk memperbaiki kesalahan sistem operasinya serta produk dan layanannya. Windows 11 juga bukan pengecualian untuk kebijakan ini, sehingga OS Win 11 anda akan diperbarui secara berkala dengan tambalan yang dirilis oleh Microsoft.

Namun, tradisi Microsoft ini rupanya adalah satu pekerjaan yang bisa menimbulkan kesalahan lainnya. Oleh karena itu, terkadang pengguna yang memperbarui Windows 11 menemukan kesalahan yang lebih mengganggu yang sebelumnya tidak memiliki masalah.

Pada postingan ini, Saya akan memandu anda cara mematikan update Windows 11 pada komputer/laptop anda. Mematikan pembaruan akan membantu anda mempertahankan status pengoperasian komputer yang stabil dan dapat proaktif dalam memilih apakah akan memperbarui atau tidak.

Baca juga: Cara Menutup Paksa Program Windows di PC

Cara mematikan update Windows 11 Sementara

Jika kita menelusuri lebih jauh lagi pada pengaturan Pembaruan Windows, Microsoft memiliki opsi yang memungkinkan anda untuk menangguhkan pembaruan Windows 11 selama 7 hari hingga 5 minggu.

Ini biasanya merupakan opsi bagi mereka yang ingin mempertahankan sementara keadaan komputer dan ingin memperbarui dalam waktu dekat.

Lanjutkan sebagai berikut:

Langkah 1: Klik Start lalu pilih Setting atau anda juga bisa menekan shortcut keyboard Win + I untuk membuka Setting.

Mematikan Update Windows 11 Seminggu

Langkah 2: Klik Windows Update. Pada sisi halaman Windows Update , Anda dapat memeriksa informasi seperti pembaruan terkini, riwayat pembaruan, settingan lanjutan, dll.

Langkah 3: Klik tombol Jeda selama 1 minggu atau yang lainnya untuk menghentikan sementara pembaruan Windows 11 dalam minggu berikutnya.

Anda harus mencatat bahwa setelah periode ini, Pembaruan Windows akan secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan yang ditangguhkan sebelumnya.

Jadi, jika anda ingin menonaktifkan update Windows 11 secara permanen, anda harus mengikuti metode selanjurtnya di bawah ini.

Cara mematikan update Windows 11 melalui service

Langkah 1: Tekan Windows + R untuk membuka Run lalu ketik services.msc lalu pilih OK.

mematikan update Windows 11 melalui service

Langkah 2: Di jendela baru yang muncul, cari layanan bernama Windows Update dan kemudian klik kanan untuk memilih Properties atau anda juga bisa menggunakan dobel klik di mouse.

Langkah 3: Anda perlu memeriksa dan mengubah 2 item. Pertama, di bagian Status layanan , jika anda melihat status sebagai Berjalan , Anda perlu mengklik Berhenti untuk menghentikan Pembaruan Windows. Kedua, di bagian Startup type , pilih item Disabled. Setelah memilih, klik Apply dan OK untuk mengonfirmasi perubahan.

Cara mematikan update Windows 11 dengan Group Policy Editor

Sebelum melakukan ini, anda perlu mencatat bahwa Windows 11 Home tidak akan memiliki Editor Kebijakan Grup. Oleh karena itu, panduan ini tidak ditujukan untuk pengguna Windows 11 Home.

Langkah 1: Tekan Win + R untuk membuka Run lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor .

Langkah 2: Anda mengikuti jalur folder Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Template > Windows Components  lalu beralih ke kotak kanan untuk menemukan item Windows Update.

Langkah 3: Anda buka folder Windows Update, lalu cari dan pilih Manage end user experience dan klik dua kali Configure Automatic Updates lalu pilih Disabled untuk menonaktifkan Windows Update. Setelah menerapkan pilihan, klik Apply dan OK untuk konfirmasi.

Menonaktifkan update Windows 11 dengan Group Policy Editor

Cara mematikan update Windows dengan Registry Editor

Tentu saja, anda juga dapat mengedit Registry Windows untuk men-disable update Windows 11 yang berjalan secara otomatis. Berikut caranya:

Langkah 1: Masih dengan keyboard, tekan Win + R untuk membuka Run lalu ketik regedit lalu tekan Enter untuk membuka Registry Editor.

Langkah 2: Temukan kunci AU di Pembaruan Windows dengan mengikuti jalur berikut (anda bisa mengcopy):

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\WindowsUpdate\AU

Langkah 3: Anda membuka kunci AU lalu klik sembarang ruang kosong di kotak kanan dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.

Anda beri nama nilai pada NoAutoUpdate dan kemudian berikan nilai 1 di kotak Value data. Simpan perubahan anda dengan tombol OK dan kemudian restart komputer Anda.

Cara mematikan update Windows 11 dengan software pihak ketiga

Selain metode yang tersedia, Anda juga dapat mengunduh perangkat lunak pihak ketiga untuk memblokir pembaruan Windows 11. Pada artikel ini, TipsMake.com menyarankan Anda menggunakan perangkat lunak EaseUS CleanGenius. Perangkat lunak ini akan membantu Anda menonaktifkan pembaruan Windows 11 secara permanen hanya dengan satu operasi sederhana.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Unduh dan instal EaseUS CleanGenius secara gratis.

Langkah 2: Setelah instalasi selesai, buka aplikasinya dan masuk ke bagian Optimization.

Langkah 3: Di sini anda wajib mengubah sakelar di bagian Windows Automatic Updates ke mode Mati.

Langklah 4: Untuk memeriksa apakah Windows 11 updater mati atau tidak, Anda dapat mengakses Services dengan menekan Win + R untuk membuka Run lalu ketik services.msc dan tekan Enter.

Langkah 5: Temukan dan klik dua kali pada layanan Windows Update, Anda akan melihat Berhenti di bagian Status layanan.

Baca juga: Saat Flashdisk Tidak Terdeteksi di PC, Lakukan Hal Ini

Penutup

Itulah panduan dari saya untuk menonaktifkan update Windows 11 baik itu permanen atau sementara. Salah satu keuntungan mematikan pembaruan windows adalah memperlambat ruang drive C agar tidak cepat penuh bagi yang menggunakan SSD/HDD dengan kapasitas penyimpanan kecil.

Jadi, apakah anda ingin lanjut mematikan pembaruan pada Windows 11 anda?