Cara Mematikan Dan Menghapus Recent Files di Windows 10

0

Recent Files di Windows 10 adalah salah satu fitur yang ditanamkan oleh Microsoft yang akan memudahkan anda untuk menemukan file yang baru anda gunakan di komputer.

Windows 10 hadir dengan antarmuka yang lebih mudah digunakan dan fitur keamanan yang lebih baik ketimbang pendahulunya. Kehadiran menu baru “Recent Files” memang terlihat keren yang bisa menampilkan file yang baru dibuka pengguna di File Explorer.

Namun, fitur ini rupanya menimbulkan beberapa masalah privasi jika lebih dari satu orang menggunakan komputer yang sama. Oleh karena itu, dalam poatingan ini, Saya akan memandu anda dengan metode untuk menonaktifkan fitur ini.

Cara kerja Recent Files di Windows 10

Menu recent files di Windows 10 adalah fitur sederhana yang menyediakan akses cepat ke item yang terakhir anda gunakan. Ini juga memungkinkan anda untuk dengan cepat membuka kembali salah satu item tersebut, tanpa melalui proses pembukaan item yang biasa. 

Jika Anda mengerjakan banyak dokumen atau tugas-tugas lain setiap hari, ini akan menghemat waktu dan mempermudah menemukan apa yang perlu anda lakukan selanjutnya.

Untuk lebih meningkatkan kinerja komputer/laptop anda, Anda dapat memilih untuk menyematkan file tertentu yang sering diakses. File yang disematkan akan selalu ada di daftar recent files yang setiap saat anda mengaksesnya ketika pertama kali anda membuka File Explorer.

Sebagian besar aplikasi di Windows juga menampilkan daftar item yang paling baru digunakan atau yang paling baru dibuat atau dibuka. Misalnya, Microsoft Word akan menampilkan semua dokumen terbaru, Microsoft Excel akan menampilkan semua lembar terbaru, dan Internet Explorer akan menampilkan semua halaman web yang baru saja anda kunjungi.

Algoritma Windows 10 di balik menu Recent Files dirancang untuk bekerja seperti ini:

  • File diurutkan secara kronologis, dengan file yang terakhir digunakan muncul di bagian atas daftar.
  • Jumlah default item yang terdaftar adalah 10, tetapi pengguna dapat meningkatkan ini dengan menyesuaikan markup.
  • Seiring waktu, item yang lebih lama akan pindah ke bawah daftar sebagai item yang lebih baru mengambil tempat mereka di bagian atas daftar.
  • Jika Anda membuka item yang sudah ada dalam daftar, item tersebut akan kembali ke bagian atas daftar.
  • Item yang disematkan akan bergerak ke atas dan ke bawah daftar seperti item lainnya, tetapi item tersebut tidak akan pernah hilang.
  • Jika jumlah item yang telah Anda sematkan ke daftar sama dengan jumlah maksimum yang ditentukan dalam markup, tidak akan ada penambahan baru ke daftar hingga beberapa item dilepas.

Hapus Recent Files Secara Manual

Ada beberapa cara untuk menghapus riwayat Recent File di Windows 10 jika anda belum mengetahuinya, Saya akan memandu anda untuk menghapus dan mematikan Recent Files di Windows 10, berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan Ikon File Explorer di Taskbar

  1. Buka File Explorer di komputer anda. Secara default, ikon File Explorer diletakkan di taskbar anda. Ikonnya sendiri berbentuk seperti kardus dengan kombinasi berwarna biru muda.
  2. Ketika jendela File Explorer terbuka, klik “File” di sudut kiri atas, lalu pilih “Change folder and search options
  3. Di bawah “Privacy”, klik “Clear” lalu klik tombol “OK“. Ini akan segera membersihkan riwayat Recent Files di Windows 10. Daftar baru akan terisi kembali jika anda mengakses sebuah file.

Tidak seperti kebanyakan perintah di Windows 10, menghapus File Terbaru tidak disertai dengan dialog konfirmasi. File terbaru Anda akan segera dihapus tanpa tindakan lebih lanjut.

Hapus Recent Files Dengan Dialog Run

File apa pun yang anda buka di PC secara otomatis disimpan sebagai data cache. Jika ingin menghapus menu recent files di Windows 10 anda, Anda dapat mengikuti petunjuk ini dan menghapusnya dengan aman. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka jendela Run dengan mengetikkan “run” ke dalam bilah pencarian di sudut kiri bawah layar. Atau, tekan tombol pada keyboard Windows + R secara bersamaan.
  2. Masukkan perintah berikut pada prompt pada dialog Run yang akan meluncurkan jendela baru dengan daftar lengkap riwayat File Terbaru Anda:
    %AppData%/Microsoft/Windows/Recent
  3. Klik “Home” lalu pilih “Select all” pada bilah menu jika ingin menghapus semua. Tandai beberapa file jika ingin menghilangkan sebagian riwayat recent files.
    Hapus Recent Files Secara Manual
  4. Setelah anda memilih semua item dalam daftar, klik “Home” lalu “Delete” dan kemudian pilih “Permanently delete” dari menu tarik-turun. Pada bagian ini, semua file yang baru saja anda akses akan hilang dari File Explorer secara permanen.

Cara Mematikan Recent Files di Windows 10

File Terbaru jelas merupakan fitur bagus yang memungkinkan anda dengan cepat kembali ke dokumen atau folder yang terakhir digunakan.Namun, fitur ini juga hadir dengan lebih banyak resiko. 

Akan ada lebih banyak entri di File Explorer saat anda terus menggunakan komputer. Jika Anda ingin memulai dengan pengintaian bersih setiap kali Anda masuk, anda harus menonaktifkan Recent Files di Windows 10 secara permanen.

Baca juga: Perbaiki Windows Explorer Error Terus Restart Dan Crashing Loop

Ada beberapa cara untuk melakukannya. Mari kita lihat bagaimana masing-masing bekerja:

Nonaktifkan Recent Files Melalui Group Policy Editor

Jika komputer anda berjalan pada Windows 10 versi “Pro”, Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk mengubah berbagai pengaturan di sistem anda.

Group Policy Editor adalah alat yang dapat digunakan untuk mengelola kebijakan dan pengaturan dalam konfigurasi sistem operasi Windows.

Jika anda belum tahu, inilah yang paling sering digunakan dalam Group Policy Editor yaitu untuk mengelola kebijakan kata sandi, kontrol keamanan sistem, atau preferensi terkait akun di komputer di domain organisasi.

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengamankan privasi komputer di rumah anda. Akan tetapi, anda harus berkonsultasi dengan dokumentasi perangkat anda sebelum melakukan perubahan apa pun.

Inilah cara saya untuk dapat menghapus riwayat Recent Files di Windows 10 menggunakan Kebijakan Editor Grup:

  1. Buka jendela Run dengan mengetikkan “run” ke dalam bilah pencarian di sudut kiri bawah layar. Atau, tekan tombol pada keyboard Windows + R secara bersamaan.
  2. Masukkan perintah berikut pada prompt Run:
    gpedit.msc
  3. Klik “OK” untuk menjalankan perintah. Ini akan meluncurkan jendela “Local Group Policy Editor“.
  4. Di bawah “User Configuration“, klik “Administratie Templates“. Menonaktifkan Recent Files via Group Policy Editor
  5. Klik dua kali “Start Menu and Taskbar“.
  6. Klik dua kali Remove “Recently added” list from Start Menu.
  7. Dari jendela yang dihasilkan, pilih opsi “Enabled” dan kemudian klik “OK“.

Disable Recent Files Melalui Control Panel

Control panel dapat membantu menyempurnakan sistem file terbaru sehingga pengguna tidak akan bisa melacak riwayat file yang telah diakses tidak peduli seberapa sering menggunakan program atau aplikasi.

Nah, Untuk menonaktifkan Recent Files menggunakan Control Panel, Anda bisa menggunakan metode berikut ini:

  1. Ketik “control panel” di bilah pencarian windows.
    Cara Disable Recent Files Melalui Control Panel
  2. Saat dasbor terbuka, klik “Appearance and Personalization“.
  3. Klik “Taskbar and Navigation“.
  4. Klik “Start” pada panel sisi kiri.
  5. Matikan tombol atau saklar  dari On menjadi Off di sebelah “Show recently opened items in Jump Lists on Start or the taskbar and in File Explorer Quick Access“.

Nonaktifkan Recent Files Melalui Registry Editor

Untuk menonaktifkan Recent Files di Windows 10 melalui Registry Editor membutuhkan waktu agak lama karena alurnya lebih panjang dari tutorial sebelumnya.

Namun jangan khawatir, saya akan menunjukkannya kepada anda. Silakan simak panduan berikut:

  1. Buka jendela Run dengan mengetikkan “run” ke dalam bilah pencarian di sudut kiri bawah layar. Atau, tekan tombol pada keyboard Windows + R secara bersamaan.
  2. Masukkan perintah berikut pada dialog Run:
    regedit
  3. Klik “Ok” untuk menjalankan perintah. Ini akan meluncurkan jendela “Registry Editor”.
  4. Buka kunci berikut:
    HKEY_CURRENT_USER/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies
  5. Klik kanan pada folder Policies, Pilih NewKey dan beri nama Explorer, Lalu tekan Enter pada keyboard.
  6. Klik kanan di panel sisi kanan, klik “New“, lalu pilih “DWORD (32-bit) value“. Ini akan segera membuat nilai baru bernama “New Value #1”.
  7. Ubah namanya menjadi “NoRecentDocsHistory“.
  8. Dobel klik atau Klik kanan pada nilai baru dan kemudian klik “Modify…“.
  9. Masukkan “1” di “Value data” dan kemudian klik “OK”.
  10. Restart komputer Anda.

Setelah me-restart komputer Anda, Windows tidak akan lagi menampilkan menu Recent Files pada antarmuka File Explorer.

FAQ Tambahan

Ini akan menambah wawasan anda seputar Windows 10 khususnya pada File Explorer. Jadi, lanjutkan membaca sampai akhir.

Kenapa kita harus menghapus Recent Files dari waktu ke waktu?

Menghapus file terbaru biasanya dimaknai dengan sejumlah manfaat penting.

  • Kita dapat mendeklarasikan sistem dan memastikan bahwa dokumen penting tidak terhapus atau tertimpa secara tidak sengaja.
  • Tidak ada yang dapat melacak riwayat penggunaan Windows Anda jika Anda berbagi komputer dengan orang lain.
  • File Explorer yang dikemas dapat memperlambat komputer Anda dan membuat booting memakan waktu lebih lama.
  • Mengaktifkan Recent Files juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti kesalahan kehabisan memori atau pesan kesalahan yang muncul saat Anda bekerja dengan program tertentu, memperlambat kinerja PC Anda secara keseluruhan.

Bagaimana cara menghapus sebagian file dari Recent Files di Windows 10?

Jika anda ingin menghapus beberapa item saja yang menurut anda bisa menggangu privasi anda, ikuti petunjuk berikut:

  1. Buka jendela Run dengan mengetikkan “run” ke dalam bilah pencarian di sudut kiri bawah layar. Atau, tekan tombol pada keyboard Windows + R secara bersamaan.
  2. Masukkan perintah berikut pada prompt pada dialog Run yang akan meluncurkan jendela baru dengan daftar lengkap riwayat File Terbaru Anda:
    %AppData%/Microsoft/Windows/Recent
  3. Klik item tertentu yang ingin Anda hapus.
  4. Setelah pilihan anda sesuai, klik “Home” lalu “Delete” dan kemudian pilih “Permanently delete“. Pada bagian ini, semua file yang baru saja anda tandai dan anda akses akan terhapus dari File Explorer secara permanen.

Bagaimana cara menyembunyikan Recent di File Explorer?

Jika Anda ingin menyingkirkan daftar Recent Files tanpa terlalu banyak mengutak-atik sistem Anda, Anda mungkin akan lebih baik dengan menyembunyikan daftar tersebut sama sekali. Berikut cara melakukannya:

  1. Luncurkan File Explorer di komputer Anda.
  2. Klik kanan “Quick Access” di sudut kiri atas, lalu pilih “Options“.
  3. Di bawah “Privacy”, cari dan hapus kedua centang pada kotak di samping “Show recently used files in Quick access” dan “Show frequently used folders in Quick access” lalu klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

Penutup

Windows 10 dirancang dengan mempertimbangkan privasi dan keamanan. Jika anda tidak ingin orang lain melihat apa yang anda tulis pada file yang baru anda akses, Anda harus menghapus atau mematikan Recent Files di komputer atau pun laptop Anda.

Dalam postingan ini saya telah menunjukkannya kepada anda. Mengapa anda ingin menghapus riwayat Recent Files di Windows 10 dari waktu ke waktu? Bagaimana langkah tepat anda melakukannya? Beri tahu dengan menulis komentar di bawah.