Cara Main Game Dingdong/MAME/Arcade di Komputer

2

Bagi anda yang lahir di tahun 80-an, pastinya tahu game jadul yang satu ini. Ya, game dingdong, permainan elektronik dengan memasukkan koin logam 50/100 rupiah untuk mendapatkan 1 credit permainan. Jika mendengar nama DINGDONG, pastinya anda tidak ingin melupakan masa kecil anda yang bahagia. Untuk mengenang masa lalu anda, yuk kita bermain game dingdong di komputer dengan mengikuti tutorial pada artikel ini.

Orang bule biasa meyebut permainan ini dengan Arcade Game. Sebenarnya permainan telah ada sejak lama. game telah ada sejak konsol NES hingga sistem permainan konsol telah diperbarui baru-baru ini. Faktanya, ada sejumlah game yang dimulai dengan sistem arcade yang kemudian di-porting ke konsol video game. Bukankah menyenangkan memainkan beberapa game dingdong ini?

Jangan khawatir tidak bisa mengulang masa lalu anda di permainan ini, Anda bisa melakukannya dengan emulator MAME agar game dingdong bisa dimainkan di PC. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara agar bisa bermain game dingdong di komputer.

Berikut langkah-langkah dan cara main game dingdong di komputer yang harus anda lakukan

Langkah-1

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh emulator MAME, salah satunya dengan mengunduh WinKawaks. Anda dapat melakukannya dengan membuka situs web MAME yaitu winkawaks.org dan mengunduh salinan terbaru MAME dari halaman rilis. Setelah selesai mengunduh, ekstrak file ZIP ke folder favorit anda lalu cari file bernama WinKawaks.exe untuk membuka peluncur game dingdong. Lihat gambar dibawah:

Cara Main Game Dingdong

Langkah-2

Download rom MAME untuk bisa bermain game dingdong di komputer. Sebenarnya ada banyak website penyedia rom MAME, namun saya lebih merekomendasikan website ini untuk mengunduh romnya. Download ROMS / Freeroms

Rom MAME adalah file berekstensi ZIP. Jadi, anda tidak perlu mengekstrak file zip tersebut. Biarkan saja file hasil download rom dalam bentuk zip, nanti emulator MAME secara otomatis membaca rom game dingdong yang anda simpan.

Langkah-3

Copy atau CUT rom MAME yang telah anda unduh sebelumnya dan paste ke folder roms dimana anda telah mengekstrak emulator MAME (WinKawaks). Anda bisa melihat gambar pada langkah-1, disitu terlihat folder bernama roms. Anda juga bisa mengkategorikan rom game ke subfolder seperti cps1, cps2, neogeo.

Langkah-4

Mulai membuka permainan dingdong dengan cara menjalankan program WinKawaks. Buka menu File > Load Game. Setelah itu anda akan menemukan jendela baru pada Load Game dan pilih Only Available > Rescan All > OK. Lihat gambar dibawah –

Langkah-5

Setting JoyStick. Di game apapun, termasuk game dingdong yang dimainkan di PC membutuhkan JoyStick. Ini dimaksud agar kita mudah dalam bermain game dingdong. Sebenarnya tanpa harus memakai JoyStick pun anda bisa memainkan game dingdong ini, namun tentunya anda akan kesulitan dalam memainkannya karena menggunakan keybord.

Baca juga: Cara Bermain Nintendo DS di PC + Setting JoyStick

Beriskut cara setting JoyStick-nya:

  1. Pilih menu Game > Redefine Keys > Redefine Keys Player 1
  2. Setelah itu, dasbor settingan JoyStick akan muncul. Lihat gambar dibawah sebagai contoh settingan JoyStick untuk bermain game dingdong. Klik tombol OK jika anda sudah selesai mengaturnya

Penutup

Tutorial cara main game dingdong di PC telah selesai. Kini saatnya anda menikmati permainan MAME, silahkan mencobanya. berikut adalah penampakan game dingdong yang telah berjalan di komputer dengan emulator WinKawaks.

2 Comments
  1. Alan says

    Sya sudah ikutin by step, cuma ketika load game. Gameny tidak terbaca

    1. Agus Prasetyo says

      Halo bro.. Coba file game lainnya, mungkin saja filenya error atau terlalu kecil sehingga tidak terbaca di aplikasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.