Cara Disable Windows Defender di Windows 10 (Permanen / Sementara)

0
Pertanyaan sederhana yang sering diajukan:
  • Bagaimana cara men-disable Windows Defender di Windows 10?
  • Bagaimana cara Mencopot, Menonaktifkan, dan Menghapus Windows Defender?
  • Bagaimana cara mematikan Windows Defender di Windows 10 untuk sementara?
  • Bagaimana cara menonaktifkan Windows Defender secara permanen di Windows 10?

Jawab:

Windows Defender adalah solusi anti-malware default gratis yang otomatis disertakan pada saat anda menginstall Windows 10. Software ini adalah alat yang berguna yang dirancang untuk melindungi komputer dan data Anda dari serangan virus, ransomware, spyware, rootkit, dan banyak bentuk malware yang tidak diinginkan dan bahaya lain yang datang ke sistem kimputer anda. Ini juga berguna untuk mencegah data kita dicuri oleh peretas.

Meskipun ini adalah antivirus yang lumayan mumpuni untuk sebagian besar pengguna Windows, terkadang antivirus tersebut bisa menjadi terlalu over protektif dan mencegah anda mengunduh atau menginstal perangkat lunak tertentu meskipun tidak berbahaya bagi komputer. Dalam situasi tersebut, pastinya pengguna ingin menonaktifkan fitur ini dengan cara ternentu.

Jika Anda menghadapi promblem yang sama atau Windows Defender memperlambat sistem anda atau menurunkan produktivitas anda di tempat kerja, Anda dapat mematikannya atau men-disble secara permanen maupun sementara.

Disable Windows Defender di Windows 10

Penting untuk dipertimbangkan:

Windows 10 tidak menyediakan opsi untuk uninstall atau pencopotan Windows Defender Antivirus “secara permanen”. Benarkah Windows Defender Bukanlah Antivirus Penting di Komputer?

Untuk menonaktifkan atau men-disable Windows Defender di windows 10 secara otomatis, Anda harus menginstal solusi program pihak ketiga (Avast, Avira, Kaspersky, Norton, dll). Namun, Anda dapat menonaktifkan Windows Defender menggunakan Kebijakan Grup atau Registri, atau bahkan untuk sementara waktu menggunakan aplikasi Keamanan Windows.

Menonaktifkan Windows Defender membuat komputer Anda rentan terhadap ancaman keamanan. Menggunakan metode pengeditan registri untuk mematikan Windows Defender dapat membahayakan sistem operasi komputer anda.

Metode 1: Disable Windows Defender di Windows 10 menggunakan Windows Security (Solusi sementara)

Langkah-1: Buka Start menu dan klik pada opsi Settings (ikon roda gigi) untuk membuka pengaturan Windows. Lihat gambar di bawah inii.

Langkah-2: Setelah mengklik opsi Pengaturan, jendela baru akan muncul. Klik pada opsi “Update & Security“.

Langkah-3: Setelah mengklik opsi “Perbarui dan Keamanan”, jendela baru akan terbuka. Klik pada opsi “Windows Security“. Lihat gambar di bawah ini:

Langkah-5: Setelah mengklik opsi “Windows Security”, jendela baru akan terbuka. Klik pada opsi “Virus and Threat Protection” di sisi kanan, opsi pertama di bawah “Protection areas.” Lihat gambar di bawah ini:

Langkah-6: Setelah mengklik bagian “Virus & threat protection settings”, Anda akan melihat opsi “Manage setting“. Klik pada “Manage settings.”

Langkah-7: Sekarang, matikan dengan menekan tombol sakelar di bawah Real-time protection untuk menonaktifkan Windows Defender. Ini akan mematikan Windows Defender untuk sementara.

Cara Disable Windows Defender di Windows 10 (Permanen / Sementara)

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, berarti anda telah berhasil men-disable Windows Defender di Windows 10 melalui metode penonaktifkan perlindungan real-time. Sekarang, Anda dapat menginstal aplikasi apa pun atau membuat perubahan sistem apa pun, yang sebelumnya tidak diizinkan karena fitur keamanan memblokir tindakan tersebut.

Bagaimana cara mengaktifkan kembali Windows Defender?

Anda dapat mengaktifkan kembali real-time protection dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengatur tombol sakelar menjadi On perlindungan waktu nyata untuk dihidupkan.

  • Catatan: Ini adalah solusi sementara untuk menonaktifkan atau men-disable antivirus Windows Defender untuk melakukan kegiatan tertentu, lebih spesifik lagi cara ini dikenal sebagai praktik terbaik untuk mematikan Windows Defender.

Metode 2: Disable Windows Defender di Windows 10 dengan menggunakan Group Policy (Solusi mematikan Permanen)

Metode ini digunakan untuk mematikan Antivirus Windows Defender secara permanen. Jika Anda ingin menonaktifkan Antivirus Windows Defender secara permanen, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-1: Tekan tombol logo Windows + R, ketik gpedit.msc di kotak pencarian, lalu klik OK. Ini akan membuka Local group policy editor.

Langkah-2: Sekarang, jendela popup baru akan muncul. Klik pada opsi “Computer Configuration“.

Langkah-3: Sekarang, pergi ke “Administrative Templates” dan klik opsi itu. Setelah itu, klik “Windows Components“. Lihat gambar di bawah ini:

Langkah-4: Setelah mengklik “Windows Components”, ini akan meluas. Sekarang, klik pada “Windows Defender Antivirus“. Lihat gambar di bawah ini:

Langkah-5: Sekarang, klik dua kali pada “Turn off Windows Defender Antivirus” di sisi kanan, dan jendela popup baru akan muncul. Lihat gambar di bawah ini:

Langkah-6: Sekarang, pilih “Enabled” di “Turn off Windows Defender Antivirus” di jendela yang baru dibuka, lalu klik “Apply” dan “OK” untuk menonaktifkan Windows Defender Antivirus secara permanen di Windows 10 anda. Lihat gambar di bawah ini:

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, restart sistem operasi Windows 10 anda dan Windows Defender Anda akan dimatikan secara permanen.

Kesimpulan:

Menonaktifkan atau mematikan atau men-disable Windows Defender di Windows 10 baik itu secara permanen maupun untuk sementara waktu itu sangat mudah melakukannya. Cara terbaik agar komputer kita bebas dari virus adalah dengan memindai semua data yang ada di semua partisi drive dengan menggunakan program antivirus pihak ketiga maupun dengan Windows Defender setiap maksimal 3 hari sekali.

Jadi, usahakan program keamanan anda selalu aktif dan jangan sampai komputer anda disusupi oleh peretas maupun virus yang datang tanpa sepengetahuan kita. Semoga ini bermanfaat untuk anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.